2020.11.06

9 MAKANAN JEPANG YANG HARUS ANDA COBA DI MUSIM DINGIN INI

Saat musim dingin datang bersamaan dengan udara yang membekukan, berbaring dengan malas di kamar yang nyaman, meringkuk di bawah selimut adalah hal terhebat, bukan? Namun, jangan hanya berbaring di sana dan membiarkan perut Anda keroncongan, banyak makanan enak menunggu Anda di luar sana di Jepang. Mari kita lihat apa yang sering dimakan orang Jepang di musim dingin!

1, Oden

Oden adalah makanan khas musim dingin di Jepang yang memiliki gaya hot-pot namun sebenarnya cara memasaknya sama dengan cara direbus. Hidangan ini membutuhkan beberapa jenis bahan yang sangat diperlukan seperti: telur, lobak (atau lobak putih), tahu, bungkil ikan, konnyaku, tergantung agama masing-masing beberapa bahan dapat ditambahkan. Bahan-bahan ini dimasak lambat dalam kaldu Dashi dari serpihan bonito (katsuobushi), kedelai Jepang, dan rumput laut dalam waktu lama sampai masing-masing bahan dibumbui dengan rasa gurih yang wajar. Saat Anda menyantapnya, rasa gurih dari Dashi selaras dengan sedikit manis, rasa segar dari sayuran akan menghadirkan rasa hangat di musim dingin.

Ini juga merupakan hidangan populer di Jepang, mulai dari restoran, bar umum hingga toko serba ada, sehingga Anda dapat menikmati hidangan panas yang lezat ini di mana-mana dengan harga yang terjangkau.

 

2, Nabe

Nabe dapat didefinisikan hanya sebagai hotpot gaya Jepang yang merupakan hidangan yang sangat diperlukan dan lezat yang terkenal bahkan di Vietnam pada musim dingin. Di Jepang, alih-alih membuat kaldu dengan cara memasak tulang yang lambat yang memakan banyak waktu, kita bisa membeli paket stok hotpot di supermarket atau beberapa toko serba ada, yang membantu memasak hidangan ini dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Di Jepang, ada berbagai jenis hotpot, dan berikut beberapa hotpot populer yang ingin kami bagikan untuk Anda: Yosenabe, Chanko nabe, Shabu shabu, Sukiyaki, Mizutakai, Anko Nabe, Motsunabe, Kimchi nabe, … musim dingin yang membekukan, yang terbaik adalah berkumpul dengan keluarga, teman di sekitar hotpot, menikmati daging, makanan laut, dan sayuran segar.

 

3, Fugu

Musim dingin juga merupakan musim Fugu yang terkenal dengan racun yang bisa membunuh orang. Alhasil, wajib mendapatkan izin untuk membuka restoran memasak ikan ini di Jepang. Karena racunnya yang sangat beracun, hidangan ini tidak sering dibuat sendiri, tetapi disajikan oleh juru masak profesional yang terampil di restoran. Ikan fugu bisa dimakan dimasak di hotpot dengan jamur, sayuran dan tahu atau lebih populer, dimakan mentah sebagai sashimi. Fugu sashimi tidak hanya sekedar hidangan sederhana, tetapi juga dipandang sebagai mahakarya. Saat membuat sashimi, ikan gembung akan diiris menjadi irisan yang sangat tipis dan setelah itu disusun menjadi krisan yang indah – simbol umur panjang dengan pisau khusus kepala suku. Sashimi akan disajikan dengan kecap, wasabi, cuka ponzu atau air jeruk nipis.

 

4, Shirako

Shirako – milt cod atau kantung sperma adalah salah satu makanan teraneh dan unik di Jepang dan biasanya disajikan pada musim gugur-musim dingin. Ini terlihat dari penampilan visual yang tidak biasa dan lembut, mentega, rasa yang sedikit kuat. Biasanya, shirako disajikan mentah dan dimakan dengan kecap, wasabi, atau ponzu. Di beberapa restoran, ini juga bisa disajikan dengan cara memasak sebagai hidangan panggang atau hot-pot tetapi tidak sepopuler cara mentah. Semakin segar shirako, semakin besar ukurannya dan semakin mahal harganya.

 

5, Nikuman

Nikuman adalah roti kukus asal Tiongkok yang diisi dengan daging babi giling yang dibumbui halus dan beberapa bahan lain seperti bawang, jamur, kubis, … yang sedikit berbeda dari roti kukus Vietnam dengan isian daging babi, telur, kuping kayu, kaca. Perpaduan adonan manis yang lembut, empuk, empuk dengan isian babi yang kaya dan juicy menjadikan Nikuman camilan paling favorit di Jepang setiap musim dingin.

 

6, Yakiimo

Kami orang Vietnam pasti tidak asing dengan ubi panggang yang biasanya dijual di pedagang kaki lima oleh saudara perempuan, ibu setiap pagi atau larut malam ketika angin musim dingin bertiup melalui setiap sudut kecil kota. Di Jepang, ini juga populer di kalangan orang Jepang. Para pedagang menjual ubi jalar yang baru dipanggang di atas oven batu yang dibawa di bagian belakang truk atau van. Mereka akan mengemudikan truk di setiap jalan kecil, dan ketika seseorang memanggil, mereka berhenti dan melayani pelanggan mereka tepat di jalan. Yakiimo juga bisa ditemukan di hampir semua supermarket, toko serba ada di seluruh Jepang. Memegang ubi panggang panas dengan wangi yang harum, menggigitnya, Anda bisa merasakan tekstur lembut seperti beludru, kelembutan, manisnya tepat di ujung lidah Anda bahkan tanpa menambahkan mentega atau garam di atasnya. Dengan yakiimo panas di tangan kita, musim dingin yang membekukan di luar sana tidak lagi menakutkan, bukan?

 

7, Taiyaki

Taiyaki, juga dikenal sebagai baked fish cake, merupakan camilan khas Jepang yang sudah berusia lebih dari seratus tahun. Kue ini biasanya diisi dengan pasta kacang merah, tetapi saat ini kue ini juga memiliki banyak versi baru dengan berbagai jenis isian seperti krim custard, coklat, teh hijau, keju, … Banyak toko juga menawarkan isian asin yang unik untuk menarik lebih banyak pelanggan. Kue biasanya dipanggang tepat sebelum dijual kepada pelanggan, jadi saat makan, Anda bisa merasakan kerak kue yang renyah dan kenyal serta isinya yang lembut, manis, dan lembut yang sangat cocok untuk mencapai musim dingin yang manis dan nyaman.

 

8, Oshiruko

Oshiruko atau sup kacang merah adalah makanan penutup tradisional Jepang di musim dingin yang terbuat dari pasta kacang merah yang dimasak dengan air, gula dan disajikan dengan kue beras ketan panggang (mochi). Orang Jepang memiliki kebiasaan makan mochi di awal tahun untuk berdoa agar tahun baru yang penuh kesehatan, kebahagiaan dan keberuntungan, sehingga menikmati oshikuro juga merupakan kebiasaan khusus pada 3 hari pertama tahun tersebut.

 

9, Mikan

Tidak ada yang lebih baik daripada mengakhiri daftar makanan musim dingin yang enak dengan buah segar yang manis. Mikan atau jeruk keprok adalah buah paling favorit di kalangan orang Jepang di musim dingin. Jika Anda adalah penggemar manga atau anime Jepang, Anda harus terbiasa dengan citra pertemuan semua orang di sekitar Kotatsu (semacam meja rendah yang dilengkapi pemanas dan ditutupi selimut futon) dengan sekeranjang mikan segar dan teko teh panas ditempatkan. atas. Ini adalah gambaran simbolis dari reuni dan kehangatan keluarga Jepang. Di musim dingin yang membekukan, meringkuk di kasur yang hangat dan menghadiahi diri Anda sendiri dengan jeruk keprok segar dan lezat tidak ada yang lebih baik.

 

Jadi kami telah menemukan 9 makanan enak yang sangat populer untuk musim dingin di Jepang. Saya berharap makanan ini akan membantu Anda tidak hanya memenuhi perut tetapi juga menghangatkan hati Anda di musim dingin ini.