2022.08.23

BAGAIMANA ANDA MENGETAHUI PEMBEBASAN DAN PENGURANGAN PAJAK DI JEPANG?

BAGAIMANA ANDA MENGETAHUI PEMBEBASAN DAN PENGURANGAN PAJAK DI JEPANG?

 

Biasanya, setiap akhir tahun, Badan Pajak Nasional akan menerbitkan dokumen terkait deklarasi penyesuaian pajak akhir tahun (). Bagi pendatang baru, hal ini tampaknya sulit dipahami secara sekilas, jadi KUROFUNE akan menjelaskannya dengan jelas di bawah ini.

 

  • Pajak Penghasilan dan Tanggungan:

 

Saat bekerja di Jepang, ada 2 jenis pajak yang wajib Anda ikuti, yaitu Pajak Penduduk (住民税) dan Pajak Penghasilan ().

 

Biasanya, ketika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan dan memiliki kontrak kerja, perusahaan akan menangani prosedur pajak untuk Anda. Jika Anda bekerja tanpa kontrak kerja, Anda harus mengajukan pengembalian pajak sendiri.

 

Untuk menghindari “Tax shock” saat menerima faktur pajak di akhir tahun, perusahaan akan secara otomatis memotong sejumlah gaji bulanan Anda. Pengurangan pajak bulanan ini meliputi: Pajak Anda + Jumlah tanggungan.

 

Catatan: Jika Anda tidak menyatakan tanggungan Anda, perusahaan akan menetapkan jumlah tanggungan menjadi 0. Semakin banyak tanggungan yang Anda klaim, semakin sedikit pajak yang harus Anda bayar.

 

  • Deklarasi penyesuaian pajak akhir tahun (年末調整):
  • Umum:

 

Deklarasi ini akan dibagikan kepada karyawan pada akhir tahun, tujuannya adalah:

 

  • Untuk mengkonfirmasi perubahan tanggungan.
  • Menyatakan pengurangan pajak lainnya yang terjadi pada tahun tersebut. Misalnya asuransi kesehatan.

 

Badan Pajak Nasional akan memeriksa deklarasi Anda dan menyelesaikan jumlah yang harus Anda bayar. Jika lebih tinggi dari jumlah yang dipotong perusahaan setiap bulan, Anda harus membayar lebih. Jika lebih rendah, pajak akan dikembalikan.

 

  • Cara mengklaim tanggungan (扶養者):

 

Saat melaksanakan , perusahaan akan memberi Anda Permohonan (Pergantian) Pembebasan Tanggungan Penghasil Penghasilan (給与所得者の扶養控除等申告書):

 

Permohonan untuk ( Perubahan) Pengecualian untuk Tanggungan Penghasil Pendapatan Pekerjaan

 

Isi bagian berikut:

 

  • Bagian A: Jika Anda tinggal bersama istri Anda di Jepang dan istri Anda berpenghasilan kurang dari 103 pria/tahun.
  • Bagian B: Jika penghasilan orang tua Anda di negara asal Anda kurang dari 103 orang/tahun dan Anda harus mengirim uang kepada orang tua setiap bulan.
  • Bagian C: Jika Anda memiliki tanggungan yang cacat, bercerai atau siswa yang bekerja paruh waktu, lingkari pilihan yang sesuai.
  • Bagian D: Jika Anda berbagi tanggungan dengan orang lain. Misalnya: Anda dan istri bekerja bersama dan memiliki anak di bawah usia 20 tahun, hanya salah satu dari Anda berdua yang akan mendapatkan pengembalian pajak.
  • Bagian E: Jika Anda memiliki tanggungan di bawah usia 16 tahun. Masukkan nama orang tersebut.

 

Catatan: Untuk membuktikan bahwa orang tua Anda bergantung pada Anda, Anda harus memberikan:

 

  • Akta kelahiran (salinan) atau tempat tinggal tetap: Notaris dan memiliki terjemahan bahasa Jepang dari dokumen Anda untuk membuktikan bahwa Anda memiliki hubungan dengan orang tua Anda.
  • Bukti transfer uang ke orang tua Anda: Dokumen ini dikeluarkan oleh bank atau perusahaan keuangan tempat Anda mentransfer uang.

 

Meskipun tidak ada persyaratan, jumlah minimum yang harus ditransfer tidak boleh kurang dari 20 orang/tahun. Mengirim uang 1 atau beberapa kali dalam setahun dapat diterima dan harus ditransfer sebelum prosedur.

 

  • Undang-Undang Baru tentang Tanggungan:

 

Undang-undang selalu ditambahkan atau direvisi selama bertahun-tahun, jadi Anda harus lebih memperhatikannya. Perubahan baru di tahun 2017 yang perlu Anda waspadai adalah:

 

  • Jangan mentransfer uang ke 1 orang: Anda harus mentransfer uang ke 2 rekening terpisah, satu untuk ayah dan satu untuk ibu Anda. Pada saat yang sama, nama pemegang rekening harus sama dengan nama tanggungan yang Anda nyatakan.
  • Jangan mentransfer uang tanpa tanda terima: Jika Anda kembali ke rumah dan memberikan uang secara langsung, itu tidak akan diterima. Undang-undang baru mengharuskan Anda memiliki tanda terima transfer uang untuk membuktikan bahwa Anda mengirim uang tanggungan Anda.
  • Tanggungan (扶養): Selain orang tua kandung atau mertua, Anda dapat mengklaim saudara kandung atau ipar (hubungan 3 generasi) sebagai tanggungan Anda. Misalnya, Anda mengirim uang untuk membantu saudara Anda pergi ke sekolah di rumah. Biasanya orang yang mendaftarkan mertua sebagai tanggungan sudah banyak yang mengurangi pajak.