Apa itu asuransi pengangguran?

Apa itu asuransi pengangguran?

2022.08.23

Apa itu asuransi pengangguran?

Pastinya ketika akan bekerja, semua orang ingin memiliki pekerjaan yang bagus dengan penghasilan yang stabil dan menarik. Namun, pengangguran juga merupakan salah satu hal yang tak terhindarkan dan kita perlu mengambil tindakan pencegahan serta mempersiapkan psikologi agar tidak bingung ketika terjerumus ke dalam situasi itu. Pada artikel hari ini, kami akan memberikan Anda informasi tentang Asuransi Pengangguran di Jepang.

Apa itu Asuransi Pengangguran (Unmemployement Insurance, UI)?

Di masa ekonomi sulit, banyak orang kehilangan pekerjaan karena covid19, asuransi pengangguran (UI) dianggap sebagai penyelamat untuk menyelesaikan banyak masalah terkait pendapatan bagi pekerja. Asuransi pengangguran adalah suatu bentuk kompensasi sebagian dari pendapatan karyawan ketika dia kehilangan pekerjaan atau tidak memiliki pendapatan untuk jangka waktu tertentu untuk mendukung kehidupan sambil menunggu pekerjaan baru.

  • Prosedur menerima Asuransi Pengangguran

Sebelum menjalani prosedur menerima Asuransi Pengangguran, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan sebagai berikut: 

  • Surat Keterangan tidak bekerja (離職票・りしょくひょう). Sertifikat ini dikeluarkan oleh Hello Work setelah Anda menyerahkan sertifikat pengunduran diri Anda. 
  • Sertifikat partisipasi dalam asuransi pengangguran (雇用保険被保険者証・こようほけんひほけんしゃしょう ). Anda akan menerima sertifikat ini ketika Anda meninggalkan perusahaan. 
  • Bukti lainnya antara lain: Surat Izin Mengemudi Jepang (jika ada), My number, fotokopi Zairyu card, fotokopi paspor.
  • Buku bank pemilik memiliki nama orang yang mengajukan tunjangan pengangguran. Stempel. 2 foto kartu ukuran 3cm x 2.5cm yang diambil dalam 3 bulan terakhir. 

Setelah menyiapkan semua dokumen, Anda membawanya dan menyerahkannya di pusat kerja Hello Work tempat Anda tinggal. Bersamaan dengan itu, Anda harus mendaftar untuk mencari pekerjaan dan menghadiri pengenalan asuransi pengangguran di pusat. Waktu spesifik akan diberikan oleh pusat.

Prosedur untuk menerima asuransi pengangguran di Jepang tidak terlalu rumit jika Anda mempersiapkan dokumen Anda dengan matang.

Saatnya melakukan prosedur & menerima manfaat

Jika Anda berhenti dari pekerjaan karena kebangkrutan perusahaan, likuidasi kontrak, kemudian 7 hari setelah mendaftar prosedur Asuransi Pengangguran di kantor Hello Work, Anda akan mulai menerima manfaat. Bahkan, dalam waktu 1 bulan manfaat akan mulai ditransfer ke pekerja. 

Dalam hal karyawan secara sukarela berhenti atau dipecat, maka setelah 3 bulan dan 7 hari setelah menyelesaikan prosedur pendaftaran tunjangan pengangguran, Anda akan menerima uang di bulan ke-4.

Pada hari pertama check-in di Hello Work, jadwal penerimaan benefit akan ditentukan. Setiap 4 minggu, pekerja harus pergi ke kantor Hello Work untuk menyatakan bahwa mereka masih menganggur untuk menerima uang dukungan. Jika Anda menunda verifikasi status Anda di kantor Hello Work pada hari janji temu yang diberikan, pembayaran manfaat kepada Anda akan tertunda untuk waktu yang lama, jadi Anda perlu mengatur jadwal Anda dan mematuhi waktu yang ditentukan.

Kami berharap artikel di atas telah memberi Anda informasi yang diperlukan. Semoga Anda semua sehat dan sukses!