Cara mencetak kertas (Juminhyo) di Kombini

Cara mencetak kertas (Juminhyo) di Kombini

2022.08.23

Cara mencetak kertas (Juminhyo) di kombini

Pasti semua orang yang tinggal di Jepang tahu apa itu Juminhyo? Singkatnya, juminhyo adalah bukti alamat tempat tinggal dan informasi pribadi Anda di Jepang. Biasanya, Anda harus pergi ke kantor distrik atau komune untuk mendapatkan kertas ini. Namun, karena permintaan kertas juminhyo begitu besar, sekarang selain kantor komune dan administrasi distrik, pemerintah telah memberikan hak lisensi kombinasi untuk mencetak kertas juminhyo. Satu-satunya hal yang perlu Anda persiapkan untuk mencetak adalah kartu nomor saya (My number card).

 

Keuntungan mencetak Juminhyo dengan kartu nomor saya di kombini adalah cepat, murah, hemat waktu tanpa antri dan melalui prosedur administrasi yang rumit di kantor komune dan distrik. 

 

Namun, Anda harus perhatikan: Kartu nomor saya harus keras, Kartu nomor saya (bukan 通知カード kartu pemberitahuan atau kertas My number card)

 

Petunjuk tentang cara mendapatkan Juminhyou di kombini

 

Pertama, pergi ke toko serba ada di mana ada salinannya mesin, layar akan seperti berikut:

 

Pilih baris Gyosei Sabisu (行政サービス), dan layar akan keluar sebagai berikut:

 

Klik tombol hijau di kanan bawah layar yang bertuliskan 次へ

 

Pilih Shōmei-sho kōfu sābisu (証明書交付サービス)

 

Klik 次へ

 

Pilih Doui-suru (同意する) di sebelah kanan

 

Tempatkan kartu seperti yang ditunjukkan. Tempatkan kartu secara vertikal di mana ada tanda panah merah. Wajah kartu memiliki kode batang hitam di bagian belakang, sisi dengan foto ada di bagian depan. Kemudian tekan lanjutkan 次へ, mesin akan meminta untuk menggesek kartu dari atas ke bawah agar mesin dapat membaca barcode pada kartu My Number Anda. Ketika berhasil, layar akan menampilkan informasi berikut:

 

 

Pilih tombol kuning [お住まいの市町村の証明書]lalu klik tombol konfirmasi 確定する

 

Masukkan kata sandi yang telah Anda tetapkan untuk kartu Nomor saya (dengan 4 karakter angka)

 

Setelah memasukkan kata sandi yang benar, layar akan muncul seperti di atas. Klik pada kotak kuning pertama dan kemudian klik konfirmasi 確定する.

 

Setelah konfirmasi, layar akan menampilkan informasi lebih lanjut yang ingin Anda cetak ke Juminhyo Anda. Jika Anda ingin mendapatkan informasi dasar individu saja, pilih item pertama (本人のみ), jika Anda ingin mendapatkan seluruh keluarga – orang dengan pendaftaran rumah tangga yang sama, klik di tengah (世帯全員), jika Anda ingin mendapatkan hanya sebagian dari pendaftaran rumah tangga, pilih item terakhir (世帯の一部). Kemudian tekan konfirmasi 確定する .

 

Jika Anda memilih item tengah atau terakhir, layar akan terus menampilkan informasi bahwa Anda ingin mencetak informasi orang yang memegang nama rumah tangga (pemilik)? Pilih ya (有) atau tidak (無). Kemudian tekan konfirmasi 確定する.

 

Apakah Anda ingin informasi tentang kewarganegaraan Anda serta jenis tempat tinggal Anda di Jepang dicetak pada kertas pendaftaran rumah tangga Anda? Pilih ya atau tidak. Kemudian tekan konfirmasi .

 

Masukkan jumlah cetakan yang ingin Anda keluarkan dan kemudian klik konfirmasi 確定する.

 

Setelah mengisi informasi, layar akan mengkonfirmasi semua informasi termasuk: apakah akan mencetak informasi perumah tangga atau tidak, apakah kewarganegaraan dan jenis tinggal akan dicatat, jenis dokumen yang ingin Anda cetak. (cetak RT biasa atau cetak surat keterangan pajak…) jumlah eksemplar, menjadi uang. Verifikasi bahwa nama belakang sudah benar?

 

Dan kemudian klik 確定する.

 

Akhirnya, mesin akan menampilkan informasi yang meminta untuk memasukkan jumlah seperti angka di sudut kanan bawah layar. Masukkan uang, lalu tekan tombol プリントスタート untuk mulai mencetak. Kemudian mesin mulai mencetak. Jadi sudah selesai. Tidak perlu pergi ke pusat distrik untuk mengajukan sertifikat lagi. Mulai sekarang Anda bisa mendapatkan Juminhyo Anda sendiri di kombini dekat rumah Anda.