Cara Klaim Pengembalian Dana Pensiun Anda di Jepang

Cara Klaim Pengembalian Dana Pensiun Anda di Jepang

2022.08.23

Cara Klaim Pengembalian Dana Pensiun Anda di Jepang

Seperti kebanyakan orang asing yang bekerja dan tinggal di Jepang, pasti Anda sudah sering mendengar atau melihat kata “nenkin – 年金 ” (pensiun). Kecuali siswa internasional, setiap orang yang bekerja di Jepang diwajibkan untuk membayar pensiun. Bagi Anda yang tidak berniat mengajukan visa permanent resident di Jepang, pembayaran ini cukup mahal dan tidak perlu karena pada akhirnya Anda akan kembali ke negara asal. Namun, tahukah Anda bahwa kita bisa mendapatkan kembali sebagian dari uang ini hanya dengan beberapa prosedur sederhana?

 

Ketentuan untuk mengklaim pengembalian dana Anda:

 

Telah membayar Nenkin selama lebih dari 6 bulan dan tinggal di Jepang selama lebih dari 3 tahun.

Berada di luar Jepang: Sebelum meninggalkan Jepang, Anda wajib pergi ke Balai Kota untuk memutuskan tempat tinggal sementara Anda atau menunggu hingga Visa Anda habis masa berlakunya untuk menyelesaikan prosedur. Jika Visa Anda belum kedaluwarsa dan Anda ingin segera meninggalkan Jepang, Anda harus menghilangkan alamat Jepang Anda agar memenuhi syarat untuk menarik diri dari sistem Pensiun.

Kurang dari 24 bulan sejak tanggal Anda benar-benar meninggalkan Jepang. (Jika Anda kembali ke negara asal Anda saat visa Anda masih berlaku, itu akan menjadi 24 bulan sejak tanggal Visa Anda berakhir)

Tidak pernah menerima pembayaran Pensiun sebelumnya (termasuk tunjangan cacat).

 

Dokumen yang dibutuhkan:

 

Permohonan pengembalian dana pensiun.

Salinan paspor Anda termasuk Halaman Informasi Pribadi dan Halaman Visa (dengan tanggal keberangkatan dan stempel pabean).

Fotokopi Buku Panduan Pensiun – Halaman Informasi.

Paper berisi informasi tentang rekening bank Anda di negara asal Anda. (dilampiri dengan cap sertifikasi dari bank dan rekening harus digunakan untuk transaksi valuta asing)

 

CATATAN: Prosedur untuk menerima pengembalian dana Anda hanya dapat dilakukan setelah Anda kembali ke negara asal Anda, jadi setelah mengisi dan memeriksa dokumen-dokumen ini dengan cermat, Anda dapat memasukkannya ke dalam satu amplop dan mengirimkannya ke alamat berikut: 3-5-24 Tаkаіԁо-nіѕһі, Ѕugіnаmі-ku, Тоkуо 168-8505 ЈАРАN.

 

Sekitar 4-6 bulan kemudian, Anda akan menerima pemberitahuan transfer pengembalian dana Pensiun ke rekening bank Anda. Jika aplikasi Anda tidak memiliki salah satu informasi yang diperlukan, itu akan dikembalikan.

 

Tata cara klaim pengembalian dana Pensiun:

 

Langkah 1: Unduh dan cetak Formulir Klaim Pembayaran Penarikan Lump-sum melalui tautan berikut (formulir ada di halaman 15).

 

https://www.nenkin.go.jp/international/japanese-system/withdrawalpayment/payment.files/A.pdf 

 

Langkah 2: Isi informasi yang diperlukan.

 

Langkah 3: Kirim formulir (termasuk semua dokumen yang diperlukan yang disebutkan di atas) ke Layanan Pensiun Jepang.

 

Catatan penting saat mengklaim pengembalian dana Anda:

 

Pensiun adalah masalah pribadi, Anda dapat menerima dukungan dari perusahaan Anda (jika ada). Jika tidak, Anda harus memutuskan dan menangani semuanya sendiri.

Rekening bank di negara asal Anda untuk menerima pengembalian dana harus berupa rekening USD.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang membantu Anda dengan prosedur Klaim Pembayaran Penarikan Lump-sum. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang layanan ini di Internet atau jika Anda memiliki kerabat yang tinggal di Jepang, Anda juga dapat meminta bantuan mereka.

Untuk kedua kalinya Anda menerima pengembalian dana, itu hanya dapat diterima melalui rekening bank di Jepang. Ini tidak mungkin bagi mereka yang telah meninggalkan Jepang. Otorisasi untuk perwakilan administrasi pajak (所得税・消費税の納税管理人 – しょとくぜい・しょうひぜいののうぜいかんりにん) diperlukan di Kantor Pajak di dekat tempat tinggal Anda sebelum meninggalkan Jepang.

 

Tata cara klaim pengembalian dana Pensiun untuk ke-2 kalinya:

 

Langkah 1: Otorisasi orang tersebut sebagai perwakilan pajak Anda. Ini bisa menjadi perusahaan perantara atau meminta seseorang yang Anda kenal.

 

Langkah 2: Siapkan dokumen yang diperlukan termasuk:

 

Surat Kuasa (委任状). Unduh di sini 

Formulir Pernyataan perwakilan pajak Anda (納税管理人届出書). Unduh di sini

Pemberitahuan Penetapan Pembayaran Penarikan Lump-sum (脱退一時金支給決定通知書) yang diterima saat menarik pengembalian dana pertama.

 

Langkah 3: Perwakilan akan menyerahkan dokumen-dokumen ini ke kantor pajak setempat. Untuk mencari kantor pajak setempat, kunjungi beranda Badan Pajak Nasional DI SINI

 

Tergantung pada lokasi, waktu untuk menerima pengembalian dana Anda mungkin berbeda.

 

Petunjuk untuk menyatakan perwakilan pajak:

 

Bagian 1: Informasi Wajib Pajak:

 

Tanggal deklarasi.

Alamat Jepang dan nomor telepon wajib pajak.

Nama lengkap.

Nomor pribadi.

Nama lengkap perwakilan pajak.

Masukkan jenis pajak yang harus dibayar atas nama perwakilan (dalam hal ini adalah pajak penghasilan pribadi – 所得税 ).

Tempat pembayaran pajak sebelum pulang.

 

Bagian 2: Informasi perwakilan:

 

住所又は居所 : Alamat dan nomor telepon perwakilan.

氏名又は名称及び代表者氏名: Nama perwakilan.

届出者との続柄: Hubungan dengan pemberi pernyataan.

職業又は事業内容: Rincian Pekerjaan atau Bisnis.

納税管理人を定め: Alasan pengangkatan wakil, tulis: .

その他参考事項: Bagian ini digunakan untuk menjelaskan lebih jelas tujuan pengangkatan wakil (bisa dikosongkan).

 

Pemberitahuan hak: Pembayaran Penarikan Lump-sum Anda