Mengirim uang dari Jepang ke Indonesia

Mengirim uang dari Jepang ke Indonesia

2022.10.19

Mengirim uang ke Indonesia

Jepang merupakan salah satu negara tujuan orang Indonesia untuk merantau dengan berbagai macam tujuan. Orang Indonesia masuk kedalam 5 besar orang asing yang tinggal di Jepang  termasuk sebagai pelajar, pemagang, kerja dan lainnya. Rata-rata alasan kerja di jepang adalah gaji yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia. Untuk Sebagian besar orang biasanya gaji yang diterima disisihkan dan dan dikirim ke keluarga atau kerabat di Indonesia. Namun karena berbagai kendala seperti kurangnya pengetahuan tentang transaksi perbankan yang bisa dilakukan di jepang dan banyak pegawai yang tidak memiliki rekening, cukup sulit untuk transfer uang dari Jepang ke Indonesia.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara mengirim uang dari Jepang ke Indonesia.

  1. Mengirim uang menggunakan Wise/Transferwise

Wise atau sebelunya Transferwise adalah applikasi pengiriman uang ke berbagai negara dengan rating yang paling actual. Biasaya hanya memerlukan 200-300 yen untuk transfer dibawah 50.000 yen dan 300-500 yen untuk transfer di atas 50.000 yen.
Berikut cara mendaftar Wise:

  • Siapkan zairyucard, my number dan email.
  • Download aplikasi wise di apple store di iphone/ app store di android atau anda bisa mendownload disini 
  • Registrasi tersedia dalam Bahasa inggris
  • Membutuhkan waktu 2-3 hari untuk konfirmasi registrasi.
  • Jika sudah terverifikasi, anda bisa melakukan transaksi dengan mudah.
  • Tambahkan nomor rekening bank Indonesia dan informasi penerima, jumlah transfer dan alasan transfer.
  • Selanjutnya wise akan memberikan invoice berupa jumlah dan nomor rekening atas nama wise. Anda bisa mengirim melalui yucho bank.
  • Jika anda mengirimnya di pagi hari, uang akan diterima di hari yang sama.

 

  1. Mengirim uang melalui Agen Pengiriman Uang (Western Union)

Western Union merupakan agen pengiriman uang yang paling mudh namun bagi anda yang sibuk dihari kerja, akan sulit untuk menentukan waktu pergi ke kantor western union. Western Union adalah perusahaan yang menangani pengiriman uang antar negara tanpa menggunakan rekening bank. Jadi Kamu tetap dapat mentransfer uang ke Indonesia, meskipun Kamu tidak memiliki atau belum membuat rekening bank di Jepang.

 

  1. Mengirim uang melaui BNI Tokyo

BNI adalah Bank Negara Indonesia di Tokyo, Layanan yang tersedia antara lain :

  • Genkin Kakitome

Melalui layanan ini, jika ingin and mengirim uang tidak lebih dari 500.000 yen dengan cara mengirimkan uang tunai menggunakan amplop yang biasa disebut dengan genkin kakitome. Amplop ini bisa dibeli di seluruh kantor pos Jepang seharga 20 yen/lembar.

  • Express Transfer

Layanan ini adalah dengan pengiriman express transfer. Nasabah harus melakukan registrasi yang disertai keterangan penerima di Indonesia. Setelah itu kita akan mendapat Nomor Rekening TRF dan BNI Code (Nomor Identifikasi).

  • Direct Transfer

Direct transfer digunakan buat anda yang berdomisili di sekitar Tokyo dengan cara mendatangi langsung kantor BNI yang ada di Chiyoda, Tokyo pada hari kerja dari pukul 9 pagi sampai pukul 3 sore.

Untuk yang belum terlalu lancar Bahasa Jepang, Jangan takut tidak bisa berkomunikasi karena staf di sana juga bisa berbahasa Indonesia dengan fasih.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi link berikut: http://www.ptbni.co.jp/soukin/tesuuryo/