No Image

Apa itu nenkin? Mengapa Anda harus membayar nenkin Anda?

2022.08.23

Apa itu nenkin? Mengapa Anda harus membayar nenkin Anda?

Pasti banyak dari Anda yang akan berangkat ke Jepang untuk bekerja di luar negeri atau akan pulang kampung memiliki pertanyaan yang sama: Apa itu Nenkin? Mengapa perlu membayar Nenkin? Dalam artikel hari ini, kami akan memberi Anda informasi dasar tentang Nenkin.

 

Apa itu nenkin? Kenapa harus bayar nenkin?

Nenkin –公的年金制度 (Kouteki nenkin seido) – adalah asuransi wajib yang harus diikuti oleh setiap warga negara yang tinggal dan bekerja di Jepang. Subjek Nenkin adalah orang-orang yang berusia antara 20 dan 59 tahun, tanpa memandang jenis kelamin, pekerjaan, atau kebangsaan. Oleh karena itu, meskipun Anda adalah orang asing yang datang ke Jepang untuk tinggal sebentar, Anda juga harus ikut serta dalam skema asuransi ini.

Alasan membayar nenkin

Ketika peserta Nenkin menjadi tua, mencapai usia pensiun, dan tidak dapat bekerja lagi (setelah usia 65 tahun), mereka akan menerima pensiun untuk menopang kehidupan mereka. Asalkan orang tersebut memenuhi kewajiban untuk membayar Nenkin secara penuh sesuai dengan peraturan. Selain pensiun, sebelum usia 65 tahun, akan ada tunjangan lain (seperti tunjangan kematian/cacat) jika Anda mengalami kejadian yang tidak terduga. 

 

Sebelum tahun 1994, pemerintah Jepang tidak memiliki kebijakan untuk orang asing, sehingga ketika pekerja asing pulang sebelum usia pensiun, mereka tidak akan memiliki kesempatan untuk menerima uang Nenkin kembali. Namun, setelah tahun 1994, pemerintah Jepang mengizinkan pekerja asing untuk menerima sebagian dari uang ini kembali ketika mereka kembali ke rumah.

Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk menerima sebagian dari nenkin Anda kembali

Prosedur untuk menerima kembali sebagian dari nenkin Anda

Untuk mendapatkan sebagian dari uang kembali nenkin yang dibayar, Anda perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan dan mengunduh serta mengisi aplikasi formulir untuk nenkin sesuai dengan instruksi serikat pekerja. Dokumen yang diperlukan antara lain:

Fotokopi paspor dengan 3 halaman: informasi pribadi, status kependudukan dan cap tanggal keberangkatan terakhir dari Jepang. 

Kertas berisi informasi tentang rekening bank penerima (dilampiri dengan stempel sertifikasi dari bank) 

Buku pegangan Nenkin – jika tersedia 

Permohonan pengembalian dana nenkin 

Setelah Anda menyiapkan semua informasi dan dokumen yang diperlukan, Anda perlu mengemasnya ke dalam parsel dan mengirimkannya ke alamat layanan pensiun Jepang seperti di bawah ini.

Setelah menyelesaikan prosedur cara mendapatkan nenkin kembali, dan mengirimkannya. Jika tidak ada kesalahan, maka 3-4 bulan kemudian uang akan otomatis ditransfer ke rekening bank. Dalam hal permohonan pemulihan nenkin salah atau informasi yang hilang, akan dikembalikan kepada orang yang melakukan prosedur. 

 

Juga, Anda perlu menyadari bahwa Anda harus berpisah untuk mendapatkan Nenkin dua kali. Yang pertama Anda akan mendapatkan sekitar 70% dari koin nenkin dan yang kedua Anda akan mendapatkan 20% lagi. 

 

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani proses hidup dan bekerja di Jepang. Semoga kalian semua sehat dan sukses.