Sekilas Tentang Sistem Asuransi Sosial di Jepang

Sekilas Tentang Sistem Asuransi Sosial di Jepang

2022.08.22

Sekilas Tentang Sistem Asuransi Sosial di Jepang

Tentunya ini dianggap sebagai salah satu masalah yang paling dikhawatirkan oleh banyak pelajar dan peserta pelatihan internasional ketika mereka pertama kali menginjakkan kaki di Jepang. Tidak mengherankan bahwa banyak orang jatuh ke dalam situasi “setengah tertawa dan setengah menangis” ketika mereka tidak memahami setiap jenis asuransi Jepang secara menyeluruh serta selalu bertanya-tanya apakah mereka harus membayar asuransi. Haruskah saya mendaftar untuk asuransi dan jika tidak, apa yang akan terjadi? Jadi hari ini saya akan memperkenalkan semua jenis asuransi sosial yang perlu Anda ketahui di Jepang agar setiap orang dapat memahami kewajiban, tanggung jawab, dan hak terkait masalah “asuransi sosial” selama tinggal dan bekerja di sini.

Tinjauan:
Apa itu asuransi sosial?

Jaminan sosial adalah jaminan untuk mengganti atau mengganti sebagian penghasilan pekerja pada saat penghasilannya berkurang atau hilang karena sakit, bersalin, kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, atau berakhirnya usia kerja atau meninggal dunia, atas dasar iuran sosial. sistem asuransi.

Berapa banyak jenis asuransi sosial di Jepang?

Saat ini, di Jepang terdapat 4 jenis asuransi utama, yaitu:

Asuransi Kesehatan – 健康保険 (Kenkōhoken): Tertanggung akan didukung untuk membayar biaya rumah sakit jika sakit atau sakit.
Asuransi Pensiun – 厚生年金保険 (Kōsei nenkin hoken): Tertanggung akan menerima manfaat pensiun berkala (pensiun) setelah pensiun.
Asuransi Pengangguran – 雇用保険 (Koyō hoken): Tertanggung akan menerima sejumlah dukungan ketika mereka kehilangan pekerjaan (menganggur).
Asuransi kecelakaan industri –労災保険 (Rōsai hoken): Tertanggung akan menerima sejumlah dukungan jika terjadi kecelakaan saat bekerja.

Rincian jenis asuransi di Jepang:

Asuransi Kesehatan – 健康保険 (Kenkōhoken):

Jenis dan peserta asuransi kesehatan:

Saat ini di Jepang terdapat 3 jenis asuransi kesehatan sebagai berikut:

Rincian jenis asuransi di Jepang:

Asuransi Kesehatan – 健康保険 (Kenkōhoken):

Jenis dan peserta asuransi kesehatan:

Saat ini di Jepang terdapat 3 jenis asuransi kesehatan sebagai berikut:

Asuransi sosial oleh perusahaan – 被用者健康保険 (Shakai hoken): Untuk karyawan di perusahaan yang sama atau karyawan publik.
Asuransi Kesehatan Nasional – 国民健康保険 (Kokumin kenkōhoken): Bagi mereka yang tidak memiliki Asuransi Sosial oleh perusahaan: individu yang membuka usaha sendiri, layanan rumah, pelajar, dll.
Sistem Perawatan Medis untuk Lansia – 後期高齢者医療制度 (Kōkikōreishairyōseido): Untuk orang tua di atas 75 tahun dan orang cacat di atas 65 tahun.

Asuransi premium:

Premi akan dihitung berdasarkan pendapatan tahunan masing-masing individu. Bentuk pembayaran premi asuransi untuk masing-masing jenis adalah sebagai berikut:

Asuransi sosial oleh perusahaan – 被用者健康保険 (Shakai hoken): Tertanggung dan perusahaan akan bersama-sama membayar 50-50 (masing-masing setengah).
Asuransi Kesehatan Nasional –国民健康保険 (Kokumin kenkōhoken): Tertanggung harus membayar 100% dari premi (dapat dibayarkan setiap bulan atau setahun sekali).
Sistem Perawatan Medis untuk Lansia – 後期高齢者医療制度 (Kōkikōreishairyōseido): Tertanggung harus membayar 100% dari premi.

Manfaat:

Seperti disebutkan di atas, asuransi kesehatan akan mendukung peserta untuk membayar biaya rumah sakit ketika mereka sayangnya memiliki penyakit atau sakit. Secara khusus, Anda hanya perlu membayar 30% dari biaya rumah sakit, 70% sisanya akan dibayar oleh pemerintah bahkan jika Anda terluka dan kembali ke negara asal Anda jika persyaratan yang diperlukan terpenuhi.

 

Penerima manfaat lainnya:

Tidak hanya tertanggung, anggota keluarga juga dapat menerima manfaat dari asuransi kesehatan sebagai “tanggungan” – 被扶養者 (hifuy-sha). Namun, tidak semua anggota keluarga dianggap “tanggungan”. Oleh karena itu, untuk memperoleh manfaat dari asuransi kesehatan, Anda harus memenuhi persyaratan umum berikut:

Harus termasuk dalam cakupan “tanggungan” menurut Undang-Undang Asuransi Kesehatan.
Harus memiliki alamat di Jepang.
Berusia tidak lebih dari 75 tahun untuk lansia dan 65 tahun untuk penyandang disabilitas.
Harus hidup bergantung pada penghasilan tertanggung.
Harus membuktikan bahwa tertanggung adalah orang yang harus membayar sebagian besar pengeluaran rumah tangga.
Bukti kemampuan finansial individu.
Penghasilan harus kurang dari setengah penghasilan tertanggung.
Pendapatan seluruh keluarga harus kurang dari 1,3 juta yen per tahun (kurang dari
1,8 juta yen per tahun untuk keluarga dengan lansia di atas 75 tahun atau penyandang disabilitas di bawah 65 tahun yang menerima tunjangan disabilitas).

Selain itu, ada beberapa ketentuan khusus untuk masing-masing penerima manfaat yang akan dijelaskan di artikel lain. Pada titik ini, Anda dapat melihat bahwa tidak mudah untuk diakui sebagai “tanggungan”, namun begitu diterima sebagai “tanggungan”, Anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti: perawatan kesehatan, dukungan bersalin, pengobatan penyakit, dll.

Catatan:

Asuransi Kesehatan – (Kenkōhoken) dan Asuransi Pensiun – (Kōsei nenkin hoken) selalu berjalan beriringan sehingga tidak akan pernah ada kasus di mana Anda hanya perlu membayar asuransi kesehatan bulanan tanpa membayar asuransi pensiun. Namun, siswa tidak perlu membayar Asuransi Pensiun.

Selain itu, orang asing yang belajar atau bekerja di Jepang wajib memiliki status kependudukan. Status kependudukan berlaku selama 1 tahun, 3 tahun atau 5 tahun. Sebelum tanggal kedaluwarsa, orang asing harus mengajukan permohonan perpanjangan. Namun, mulai 1 April 2010 dan seterusnya, ketika mengajukan permohonan perpanjangan tempat tinggal di Jepang, Anda harus menunjukkan kartu asuransi Anda kepada pihak berwenang. Oleh karena itu, keikutsertaan dalam Jaminan Kesehatan tidak hanya terkait dengan perlindungan kesehatan, tetapi juga terkait dengan hukum.

Asuransi Pensiun –厚生年金保険 (Kōsei nenkin hoken):

Jenis dan peserta asuransi pensiun:

Ada 3 jenis Asuransi Pensiun di Jepang:

Pensiun Nasional –国民年金 (Kokumin nenkin): Semua individu antara usia 20 dan 60, terlepas dari kebangsaan, yang tinggal di Jepang wajib untuk berpartisipasi.
Pensiun Kesejahteraan –厚生年金 (Kōsei nenkin): Semua orang yang bekerja di perusahaan yang mengajukan pensiun kesejahteraan (asuransi sosial) wajib bergabung dengan dana pensiun tambahan. manfaat ini.
Pensiun Bantuan Bersama –共済年金 (Kyōsai nenkin): Dana pensiun untuk pegawai negeri –公務員 (Kōmuin), guru sekolah swasta, dll.

Semua penduduk Jepang yang terdaftar berusia 20 hingga 59 tahun (Tidak termasuk warga negara asing, dengan visa kunjungan medis atau kunjungan jangka panjang untuk jalan-jalan) harus dilindungi oleh Sistem Pensiun Nasional. Tertanggung dalam sistem Pensiun Nasional dikategorikan menurut status mereka sebagai berikut:

Kategori orang yang diasuransikan: Semua penduduk terdaftar Jepang berusia 20 hingga 59 tahun yang bukan orang yang diasuransikan Kategori II atau III (Termasuk operator bisnis pertanian, kehutanan, atau perikanan, wiraswasta, dan pelajar).
Kategori orang yang diasuransikan: Orang yang terdaftar dalam sistem Asuransi Pensiun Karyawan atau Asosiasi Bantuan Bersama (Kecuali orang berusia 65 hingga 69 tahun yang memenuhi syarat untuk menerima pensiun karena usia tua atau pensiun).
Kategori orang yang diasuransikan: pasangan tanggungan orang yang diasuransikan Kategori II berusia 20 hingga 59 tahun, yang tinggal di Jepang.
*Catatan: Orang harus ditanggung sebagai orang yang diasuransikan Kategori I, untuk periode sejak mereka masuk ke Jepang sampai mereka terdaftar sebagai orang yang diasuransikan Kategori II atau Kategori III.

Anda tidak perlu membayar Asuransi Pensiun jika:

Sebagai “Ketergantungan”.
Menjadi pengangguran.
Sebagai mahasiswa.
Dalam kategori “Izin untuk Melakukan Kegiatan Selain Yang Diizinkan berdasarkan Status Kependudukan yang Sebelumnya Diberikan” –資格外活動許可 (Shikakugaikatsudōkyoka): Total waktu kerja atau jumlah hari kerja kurang dari ¾ dari total kerja waktu atau jumlah total hari kerja seorang karyawan normal (28 jam per minggu).

Selain itu, jika Anda memenuhi semua kondisi berikut, Anda akan diminta untuk membayar Asuransi Kesehatan:

Waktu kerja mingguan: lebih dari 20 jam.
Mereka yang ingin bekerja lebih dari 1 tahun.
Penghasilan bulanan: lebih dari 88.000 yen.
Tidak belajar.
Bekerja untuk sebuah perusahaan dengan lebih dari 501 karyawan.

Asuransi premium:

Setiap kelompok sasaran akan memiliki biaya yang berbeda, khususnya:

Kategori orang yang diasuransikan: Premi asuransi bulanan yang dibayarkan oleh Tertanggung Kategori adalah biaya dasar – 国民年金保険料 (Kokumin nenkin hoken-ry): tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau pendapatan dari peserta. Namun jumlah ini sering berubah dari tahun ke tahun berdasarkan kebijakan pemerintah, biaya yang harus Anda bayarkan pada tahun 2021 adalah 16.610 yen per bulan. Mereka yang termasuk dalam Kategori harus membayar biaya ke Layanan Pensiun Jepang –日本年金機構 (Nihon’nenkinkikō) berdasarkan pemberitahuan premi asuransi yang dikirimkan kepada Anda setiap bulan oleh lembaga ini melalui toko serba ada, bank, dll.

Kategori orang yang diasuransikan: Orang-orang yang termasuk dalam kategori ini harus berpartisipasi dalam sistem Asuransi Pensiun Karyawan dan Asosiasi Bantuan Bersama. Namun nyatanya, hanya dengan menyelesaikan prosedur untuk bergabung dengan sistem Asuransi Pensiun Karyawan di perusahaan Anda, Anda secara otomatis akan dipindahkan ke daftar peserta Asosiasi Gotong Royong. Premi bulanan akan mencakup biaya dasar dan biaya tambahan, yang secara kolektif dikenal sebagai premi Asuransi Pensiun Kesejahteraan – 厚生年金保険料 (Kōsei nenkin hoken-ry). Jumlah ini tidak tetap tetapi sebanding dengan pendapatan pembayar, sekitar 17,828% dari gaji bulanan, namun perusahaan akan membayar 50% untuk Anda. Premi akan dipotong langsung dari gaji bulanan Anda.

Kategori Tertanggung: Individu dalam kategori ini akan didukung penuh oleh dana pensiun yang diikuti oleh pasangannya di perusahaan mereka, sehingga meskipun mereka tidak perlu membayar biaya bulanan, mereka tetap menerima manfaat dana pensiun dasar di usia tua mereka. Namun, pasangan dari orang-orang dalam kategori harus melengkapi pendaftaran “Tanggungan” di perusahaan mereka.

Persyaratan & Manfaat:

Persyaratan:

Persyaratan dasar untuk menerima manfaat pensiun pada saat mengikuti “Pensiun Nasional” dan “Pensiun Karyawan” adalah sebagai berikut:

Total masa kepesertaan dalam pensiun Nasional harus lebih dari 10 tahun.
Jangka waktu kepesertaan dalam pensiun Karyawan harus lebih dari 1 tahun.

Manfaat:

Jika Anda membayar “Pensiun Nasional” terus menerus selama 40 tahun (480 bulan), pensiun yang dapat Anda terima setelah mencapai usia 65 tahun menurut peraturan saat ini adalah sekitar 780.000 yen/tahun (rata-rata sekitar 60.000 yen/bulan).
Jika jangka waktu pembayaran Anda kurang dari 40 tahun, jumlah di atas akan berubah berdasarkan rumus berikut:

Pensiun yang diterima = Jumlah bulan yang dibayarkan × 780.000 / 480 bulan

(Misalnya, jika Anda hanya membayar selama 20 tahun = 240 bulan, pensiun Anda akan menjadi lebih dari 390.000 yen/tahun, atau rata-rata sekitar 32.500 yen/bulan).

Sedangkan untuk “Pensiun Karyawan”, perhitungan pensiun yang diterima cukup rumit karena sangat bergantung pada jumlah tahun pembayaran premi dan pendapatan rata-rata Anda selama masa kepesertaan pensiun. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami tidak akan menyebutkan “Pensiun Karyawan”. Anda dapat mengakses tautan di bawah ini untuk menghitung pensiun Anda sendiri dengan paling akurat:

http://urajijou.world.coocan.jp/chokin/rknenkinkk.htm

Pembayaran Penarikan Lump-sum (untuk orang asing):

Untuk menerima pembayaran ini, Anda harus memenuhi ketentuan berikut:

Bukan warga negara Jepang.
Telah membayar Asuransi Pensiun Karyawan –厚生年金保険 (Kōsei nenkin hoken) selama lebih dari 6 bulan.
Tidak lagi memiliki alamat di Jepang.
Tidak dapat menerima pensiun (termasuk pensiun kecelakaan).
Terapkan dalam waktu 2 tahun sejak tanggal tidak lagi memiliki alamat di Jepang.

Asuransi Pengangguran –雇用保険 (Koy hoken):

Peserta:

Apakah Anda orang asing atau pekerja paruh waktu, jika Anda memenuhi persyaratan dasar berikut, Anda harus membayar premi Asuransi Pengangguran:

Karyawan memiliki kontrak kerja lebih dari 31 hari.
Jumlah jam kerja yang ditentukan lebih dari 20 jam/minggu

Pada prinsipnya, Siswa Internasional yang hanya memiliki “Status Tempat Tinggal” tidak dapat bekerja, namun jika mereka mengajukan “Kegiatan selain yang diizinkan oleh status kependudukan yang diberikan sebelumnya”, mereka dapat bekerja paruh waktu dan memiliki jam kerja terbatas (28 jam/minggu). Meskipun bekerja lebih dari 20 jam/minggu, Anda tidak perlu membayar premi Asuransi Pengangguran. Waktu ketika Pelajar Internasional dengan “Aktivitas selain yang diizinkan oleh status kependudukan yang diberikan sebelumnya” harus membayar Asuransi Pengangguran adalah ketika mereka memiliki sertifikat kelulusan sementara dan bekerja untuk perusahaan.

Selain itu, bagi mereka yang belajar online, atau belajar di malam hari di universitas atau sistem pelatihan kerja-studi, jika memenuhi persyaratan dasar di atas, mereka tetap harus membayar premi Asuransi Pengangguran.

Asuransi premium:

Cara menghitung premi Asuransi Pengangguran yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Premi yang harus dibayar = Gaji aktual × 9/1000

Namun, rasio 9/1000 – 雇用保険料率 (Koyōhokenryōritsu) tidak berlaku untuk semua perusahaan di Jepang. Rasio ini bervariasi tergantung pada industri perusahaan.

Persyaratan & Manfaat:

Persyaratan

dasar untuk menerima “Tunjangan Pengangguran” dari “Asuransi Pengangguran” adalah sebagai berikut:

Ikut serta dalam Asuransi Pengangguran selama lebih dari 1 tahun pada saat cuti, yang paling sedikit 6 bulan memiliki 14 hari kerja atau lebih.
Dalam hal perusahaan pailit, hamil, sakit atau terpaksa keluar, jangka waktu minimum pembayaran premi Asuransi Pengangguran adalah 6 bulan.
Untuk pekerja jangka pendek (20~30 jam/minggu), pada saat berangkat, mereka harus telah mengikuti Asuransi Pengangguran selama 2 tahun, dimana minimal 12 bulan bekerja 11 hari atau lebih.

Manfaat:

Tunjangan untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung gaji sebelum berangkat, yaitu:

Tunjangan 1 hari = (Total gaji 6 bulan sebelum berangkat) / 180

(Catatan: total gaji belum termasuk bonus)

Namun, jumlah uang yang diterima dalam 1 hari tidak boleh melebihi aturan berikut:

Di bawah 29 tahun: 6.395 yen/hari.
Dari 30 hingga 44 tahun: 7.100 yen/hari.
Dari 45 hingga 59 tahun: 7.810 yen/hari.
Dari 60 hingga 64 tahun: 6.808 yen/hari.

Dokumen dan prosedur yang diperlukan:

Agar memenuhi syarat untuk mengajukan tunjangan pengangguran, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

Pernyataan Pengangguran – 離職票 (Rishoku-hy). Pernyataan ini dikeluarkan oleh Hello Work setelah Anda mengirimkan surat pengunduran diri.
Kartu asuransi kerja – 雇用保険被保険者証 (Koyou hoken hi hoken shashou). Anda akan menerima sertifikat ini ketika Anda meninggalkan perusahaan.
Bukti lainnya antara lain: SIM Jepang (jika ada), kartu nomor saya, fotokopi kartu tempat tinggal dan paspor.
Buku bank harus memiliki nama orang yang mengajukan tunjangan pengangguran.
Segel nama (hanko).
Foto ID berukuran 2,3cm x 2,5cm yang diambil dalam 3 bulan terakhir.

Setelah semua dokumen yang diperlukan selesai, serahkan ke Pusat Layanan Ketenagakerjaan pemerintah Jepang – Hello Work di dekat tempat tinggal Anda. Bersamaan dengan itu, Anda harus mendaftar untuk mencari pekerjaan dan berpartisipasi dalam acara orientasi Asuransi Pengangguran di pusat.

Periode manfaat yang dapat diterima:

Periode di mana Anda dapat menerima manfaat dari Hello Work adalah sebagai berikut:

Setelah 7 hari pendaftaran di kantor Hello Work, Anda akan mulai menerima manfaat. Bahkan, dalam waktu 1 bulan jumlah tunjangan akan ditransfer ke pengangguran.
Jika dengan sengaja berhenti atau dipecat, setelah 3 bulan dan 7 hari setelah menyelesaikan prosedur pendaftaran, penganggur akan menerima tunjangan mulai bulan ke-4 dan seterusnya.
Pada hari pertama pendaftaran di Hello Work, jadwal penerimaan benefit akan ditentukan. Setiap 4 minggu, para penganggur wajib pergi ke kantor Hello Work untuk menyatakan bahwa mereka masih menganggur dan menerima tunjangan.

Catatan:

Hanya ajukan tunjangan pengangguran jika Anda telah berhenti dari pekerjaan Anda, telah membayar asuransi pengangguran dalam satu tahun terakhir dan belum menemukan pekerjaan baru.
Jika Anda masih tidak dapat menemukan pekerjaan, Anda harus melamar tunjangan pengangguran sesegera mungkin.
Dalam periode menerima tunjangan pengangguran, jika Anda menemukan pekerjaan baru (bahkan pekerjaan paruh waktu), Anda harus segera memberi tahu Hello Work.
Jika diketahui telah mendapatkan pekerjaan tetapi masih menerima tunjangan pengangguran, Anda dipaksa untuk memberi kompensasi kepada Hello Work jumlah yang 3 kali lebih besar dari jumlah yang Anda terima secara ilegal. Seiring dengan itu, deteksi penipuan akan mempengaruhi hasil pengajuan perpanjangan Visa di masa mendatang.

Asuransi kompensasi kecelakaan pekerja – 労災保険 (Rōsai hoken):

Peserta:
Asuransi kompensasi kecelakaan pekerja berlaku untuk pekerja asing, terlepas dari kebangsaan, jika mereka bekerja di Jepang. Tidak hanya pekerja dengan izin kerja yang sah, tetapi juga siswa internasional yang mengalami kecelakaan saat bekerja paruh waktu juga diterapkan.

Asuransi premium:

Santunan kecelakaan pekerja Premi asuransi akan dibayarkan oleh pengusaha, pabrik, perusahaan, dll. Apakah hanya ada satu pekerja atau pekerja ilegal, pengusaha, pabrik, perusahaan, dll. wajib membayar jenis asuransi ini. Jika terjadi kecelakaan tanpa membayar premi Asuransi Santunan Kecelakaan Pekerja, maka pemberi kerja tidak hanya dituntut untuk seluruh jumlah yang harus dibayarkan kepada pekerja tetapi juga harus membayar tambahan 100% atau 40% dari asuransi tersebut.

Manfaat dan Tata Cara :

Manfaat :

Asuransi kompensasi kecelakaan pekerja akan memberikan manfaat yang diperlukan seperti biaya pengobatan bagi pekerja jika terjadi cedera, sakit atau kematian di tempat kerja.

Terdapat 7 jenis manfaat dalam Asuransi Santunan Kecelakaan Kerja, yaitu sebagai berikut:

Tunjangan pengobatan (kompensasi): Tunjangan (kompensasi) yang diterima ketika seorang karyawan terluka atau sakit dalam pekerjaan atau dalam perjalanan ke tempat kerja dan memerlukan perawatan khusus.

Tunjangan Cuti (kompensasi): Jika Anda tidak menerima upah saat mengambil cuti kerja untuk mengobati cedera dan penyakit yang terjadi di tempat kerja atau dalam perjalanan ke tempat kerja, Anda akan menerima tunjangan cuti (kompensasi).

Tunjangan sakit dan cedera (kompensasi) tahunan: Tunjangan (kompensasi) yang diterima dalam hal setelah memulai pengobatan untuk penyakit atau cedera yang terjadi pada pekerjaan atau dalam perjalanan untuk bekerja, sudah 1 tahun 6 bulan tetapi masih belum pulih (kondisi stabil).

Tunjangan Cacat (kompensasi): Dalam hal penyakit atau cedera terjadi pada pekerjaan atau dalam perjalanan ke tempat kerja telah pulih (kondisi stabil) tetapi karyawan akan disubsidi jika berada pada tingkat kecacatan.

Tunjangan keluarga (kompensasi): Tunjangan yang diterima ketika karyawan tersebut meninggal dunia dalam pekerjaan atau dalam perjalanan ke tempat kerja.

Tunjangan Pemakaman (Pembayaran Pemakaman): Tunjangan yang diterima dalam hal kematian dan penguburan.

Tunjangan (kompensasi) keperawatan: Tunjangan yang diterima dalam hal menerima asuhan keperawatan karena cacat tertentu yang dikenakan tunjangan cacat (kompensasi) tahunan, atau dikenakan tunjangan cedera (kompensasi) tahunan.

Prosedur:

7 tunjangan (kompensasi) di atas akan sesuai dengan 7 prosedur yang berbeda, jadi silakan situs web resmi untuk mempelajari lebih lanjut melalui tautan di bawah ini:

https://www.mhlw.go.jp/new-info/kobetu/roudou/gyousei/rousai/gaikoku-pamphlet.html

Catatan:

Periksa baik-baik apakah perusahaan tempat Anda akan bekerja telah membayarkan Asuransi Santunan Kecelakaan Kerja atau belum.
Saat menerima tunjangan (kompensasi), jumlah pembayaran adalah yen yang dikonversi dengan nilai tukar mata uang asing tertentu (harga permintaan) pada tanggal pembayaran.
Dalam hal harus merawat cedera atau cacat yang disebabkan oleh kecelakaan terkait pekerjaan di luar negeri: Jika pengobatan tersebut terbukti memuaskan, karyawan tersebut dapat dibayar untuk biaya pengobatan.