Tata Cara Penerbitan Buku Boshitecho “Ibu dan Bayi” & Formulir Pemeriksaan Kehamilan di Jepang

Tata Cara Penerbitan Buku Boshitecho “Ibu dan Bayi” & Formulir Pemeriksaan Kehamilan di Jepang

2022.08.22

Tata Cara Penerbitan Buku Boshitecho “Ibu dan Bayi” & Formulir Pemeriksaan Kehamilan di Jepang

Setelah memastikan bahwa Anda memiliki kehamilan normal (ketika dokter Anda telah memastikan bahwa janin memiliki detak jantung janin ), Anda harus menyerahkan pemberitahuan kehamilan yang disebut (ninshin-todokede-sho) ke kantor wilayah (市役所/区役所) tempat keluarga Anda tinggal. Beberapa rumah sakit akan melakukan ini untuk Anda, beberapa hanya akan mengeluarkan formulir ini untuk Anda dan Anda dapat membawanya sendiri atau mengirimkannya ke kantor administrasi daerah.

Setelah mengirimkan pemberitahuan kehamilan Anda, Anda akan menerima Buku Ibu dan Bayi (母子健康手帳 boshi-kenko-techou) atau biasa disebut sebagai boshi-techou atau boshi-chou.

Anda dapat membeli buku ibu dan bayi bilingual Inggris-Jepang di sini untuk kenyamanan Anda jika Anda tidak tahu bahasa Jepang.

Anda juga akan menerima gantungan kunci seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Gantungan kunci ini memberi tahu semua orang bahwa Anda hamil dan sementara itu juga akan menerima hak istimewa wanita hamil di depan umum.

Bersama dengan buku ibu dan bayi, Anda akan menerima satu set lembar perawatan antenatal (14 lembar) (妊婦健康診査受診票) untuk perawatan antenatal di rumah sakit dan klinik ginekologi (産婦人科). Setiap kali Anda pergi ke rumah sakit atau klinik untuk pemeriksaan kehamilan, Anda akan menggunakan lembar pemeriksaan kehamilan dan ingat untuk membawa buku ibu dan bayi untuk perawat dan dokter untuk mencatat informasi perawatan kehamilan Anda pada hari itu.
Sebelum mendapatkan sertifikat pemeriksaan kehamilan ini, Anda harus membayar sendiri biaya penuhnya karena pemeriksaan kehamilan bukan pemeriksaan kesehatan, sehingga tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan. Namun, setelah menerima voucher ini, karena ini adalah pemeriksaan yang ditentukan, Anda tidak perlu membayar biaya apa pun, Anda hanya perlu membayar biaya tambahan, jika ada (tergantung pada status kesehatan setiap ibu hamil, Anda harus periksa item berikut). timbul atau tidak)
Selain itu, Anda akan menerima banyak panduan tentang perawatan kesehatan kehamilan, kelainan, diet dan nutrisi, serta persediaan dan perlengkapan yang harus disiapkan saat mendekati tanggal jatuh tempo. kelahiran dll Beberapa kabupaten juga mengirimkan kupon di beberapa toko di kabupaten hanya untuk ibu hamil.
Buku ibu dan bayi juga mencatat jadwal imunisasi anak serta indikator berat badan perkembangan anak. Ingatlah untuk mencatat cukup banyak untuk melihat perkembangan anak Anda melalui setiap usia.
TATA CARA MENERIMA BUKU IBU DAN BAYI DI KABUPATEN TEMPAT TINGGAL
Setelah Anda diberitahu oleh dokter bahwa Anda memiliki jantung janin, Anda dapat pergi ke kantor kecamatan untuk menerima buku ibu dan bayi serta dokumen terkait. Ketika Anda pergi untuk melakukan prosedur ini, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut:
+ Kartu tempat tinggal (在留カード)
+ Stempel (印鑑) + Sertifikat perawatan antenatal di rumah sakit (makalah ini akan diberikan kepada Anda oleh rumah sakit)
+ Kehamilan届出書): makalah ini akan diberikan kepada Anda oleh kabupaten untuk mengisi informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, perkiraan tanggal lahir, rumah sakit tempat Anda akan melahirkan, dll.
妊娠ibu hamil tidak bisa pergi ke kantor distrik untuk melakukan prosedur, suaminya bisa naik untuk membantu. Jika bahasa Jepang Anda tidak bagus, jangan khawatir, staf kantor distrik akan memandu Anda untuk mengisi dokumen dan menyelesaikan prosedur dengan cermat, banyak tempat juga memiliki terjemahan langsung melalui telepon.