Apakah pelanggaran pindahan penting saat mengajukan visa/kewarganegaraan permanen?

Apakah pelanggaran pindahan penting saat mengajukan visa/kewarganegaraan permanen?

2022.08.23

Apakah pelanggaran pindahan penting saat mengajukan visa/kewarganegaraan permanen?

1-1. Mengapa pelanggaran pindah menjadi masalah dalam aplikasi Visa / Kewarganegaraan Jepang:

 

Apakah Anda membayar asuransi, pensiun (nenkin), dan pajak Anda dengan benar? Apakah Anda memiliki pelanggaran bergerak, atau catatan kriminal di masa lalu? Apakah Anda terlibat dalam kegiatan kriminal? dll. Semua pertanyaan ini akan diperiksa dan dinilai dengan cermat sebelum mengeluarkan Visa atau Kewarganegaraan kepada orang asing di Jepang.

 

Dengan kata lain, tidak adanya pelanggaran bergerak dianggap sebagai syarat penting saat mengajukan kewarganegaraan Jepang. Tergantung pada konten pelanggaran pemohon, aplikasi dapat ditolak. Jadi apa kemungkinannya? Juga, kapan dan sejauh mana permohonan visa/kewarganegaraan dapat ditolak?

 

1-2. Jika terjadi pelanggaran parkir/pelanggaran kecepatan:

 

Ada banyak tingkat pelanggaran bergerak. Jadi bagaimana pelanggaran kecil seperti pelanggaran parkir dan pelanggaran kecepatan mempengaruhi status kependudukan/permohonan kewarganegaraan?

 

Bahkan untuk pelanggaran ringan pindahan, jika terjadi 5 kali atau lebih dalam 5 tahun terakhir, masih ada kemungkinan Permohonan perubahan status kependudukan ditolak. Selain itu, pelanggaran ringan berulang dari 1 hingga 3 poin akan mengakibatkan penangguhan Surat Izin Mengemudi. Pelanggaran kecepatan yang berlebihan dapat mengakibatkan lisensi ditangguhkan atau bahkan dicabut. Dengan demikian, permohonan kewarganegaraan/visa tidak akan diterima.

 

1-3. Dalam kasus mengemudi dalam keadaan mabuk, mengemudi tanpa SIM, atau menyebabkan kecelakaan

 

Mengemudi dalam keadaan mabuk adalah pelanggaran serius. Jika SIM Anda ditangguhkan atau dicabut setelah ketahuan mengemudi dalam keadaan mabuk, akan sangat sulit untuk mengubah status kependudukan permanen atau mengajukan permohonan kewarganegaraan Jepang di kemudian hari.

 

Mengapa Anda tidak bisa menyembunyikan catatan pelanggaran pindah Anda dari pihak berwenang?

 

2-1. Dokumen yang diperlukan untuk aplikasi kewarganegaraan:

 

Saat mengajukan permohonan kewarganegaraan Jepang, Anda harus menyerahkan “catatan mengemudi 5 tahun” ke Kantor Hukum, yang akan mengkonfirmasi catatan pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas Anda (jika ada) selama 5 tahun terakhir.

 

Dari uraian catatan ini, Anda dapat melihat rincian pelanggaran pindah, kecelakaan lalu lintas, dan sanksi administrasi yang Anda terima (jika ada) selama 5 tahun terakhir.

 

Omong-omong, ada 4 jenis sertifikat yang terkait dengan riwayat mengemudi:

 

 

① Sertifikat catatan mengemudi: Ini mengesahkan catatan pelanggaran lalu lintas, kecelakaan, dan pengesahan lisensi dalam periode satu hingga lima tahun terakhir. Ini digunakan untuk mendorong mengemudi yang aman, memuji pengemudi yang baik, dll., dan diperlukan saat mengajukan atau memperbarui lisensi taksi pribadi. 

 

② Sertifikat Catatan Kecelakaan dan Pelanggaran Bersih: Sertifikat ini menyatakan bahwa pengemudi tidak memiliki catatan kecelakaan atau pelanggaran lalu lintas selama periode tertentu. Sertifikat ini digunakan untuk mendorong berkendara yang aman, memuji pengemudi yang baik, dll.

 

③ Sertifikasi Riwayat Surat Izin Mengemudi: Ini menyatakan surat izin yang sudah kadaluwarsa atau dicabut, jenis surat izin yang saat ini dipegang, tanggal diperolehnya, dll. 

 

Sertifikasi Poin Akumulasi: Ini mengesahkan poin saat ini yang terakumulasi untuk pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan.

 

Catatan: Formulir untuk dokumen ini dapat diperoleh di Japan Safe Driving Center atau kantor polisi.

 

2-2. Jika Anda melanggar hukum, penting untuk jujur:

 

Jika Anda melanggar undang-undang lalu lintas tetapi tidak menyatakannya dalam aplikasi Visa / Kewarganegaraan Anda, Anda akan dianggap tidak jujur ​​ketika Departemen Hukum mengetahui kebenarannya.

 

Saat melakukan wawancara, Anda sering ditanya tentang pelanggaran lalu lintas masa lalu. Jika Anda diketahui tidak jujur ​​selama wawancara, aplikasi Anda akan ditolak meskipun itu hanya pelanggaran kecil.

 

Seperti disebutkan di atas, berdasarkan surat keterangan mengemudi, Bagian Hukum akan memeriksa ulang jawaban Anda selama wawancara, jadi jika ada pelanggaran, Anda tidak boleh menyembunyikannya karena mereka akan mengetahuinya pada akhirnya.

 

Untuk pelanggaran kecil dan perubahan status kependudukan jangka pendek, mungkin tidak mempengaruhi proses aplikasi Visa. Namun, pelanggaran berat, tidak diragukan lagi akan mempengaruhi proses. Tidak hanya untuk berhasil mengajukan Visa baru atau bahkan mengubah kewarganegaraan tetapi juga untuk melindungi orang lain, Anda harus mematuhi undang-undang lalu lintas dengan serius.