Apakah Anda membutuhkan penjamin saat menyewa?

Apakah Anda membutuhkan penjamin saat menyewa?

2022.08.22

Apakah Anda membutuhkan penjamin saat menyewa?

Apakah Anda membutuhkan penjamin saat menyewa? solusi lebih hemat dan bergaransi

Tidak hanya dulu, ketika menyewa rumah di Jepang perlu memiliki penjamin, namun sekarang banyak rumah yang masih diharuskan memiliki penjamin untuk disewa. 

 

Singkatnya, penjamin adalah orang yang bertanggung jawab ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi pada penyewa atau bahkan membayar sewa ketika penyewa tidak mampu membayar. 

 

Namun, akhir-akhir ini sering kita jumpai ungkapan “tidak ada penjamin” dalam iklan perusahaan real estate yang menyewakan rumah untuk orang asing. Ini bukan karena mereka mempercayai Anda 100% tanpa penjamin. Dalam hal persewaan jangka panjang, banyak perusahaan persewaan menetapkan bahwa Anda harus menggunakan “perusahaan penjamin” alih-alih penjamin yang merupakan kenalan. 

 

Jadi apa itu perusahaan penjaminan? Mengapa jenis ini semakin banyak?

 

Apa yang dimaksud dengan perusahaan penjaminan

Ini hanyalah “perusahaan yang menggantikan penjamin terkait”. 

 

Dengan membayar biaya awal (sekitar 1 bulan sewa) dan, atau biaya bulanan, Anda akan digantikan oleh penjamin oleh perusahaan penjamin.

Mengapa permintaan perusahaan penjaminan terus meningkat dari hari ke hari?

Baik Jepang maupun asing menghadapi banyak masalah dengan mekanisme penjamin. 

 

Salah satu masalah besar, misalnya, adalah penuaan penjamin emisi. Biasanya, penjamin biasanya harus orang tua atau kerabat dari pasangan, saudara laki-laki, saudara perempuan … tetapi ada kasus ketika menghubungi penjamin tua, orang tersebut telah meninggal. Itu sebabnya tidak ada jaminan. 

 

Bagi orang asing, ini lebih sulit lagi karena sangat sulit mencari sponsor, terutama bagi pendatang baru di Jepang. Tidak semua orang bisa menjadi penjamin, selain harus memenuhi beberapa syarat wajib dalam hubungan, penghasilan… 

 

Di sisi lain, jika penyewa secara teratur membayar sewa terlambat atau secara sukarela kembali ke rumah, pemilik akan menderita kerugian besar. 

 

Untuk alasan ini, layanan “perusahaan jaminan” lahir. Perusahaan penjamin juga merupakan unit yang akan mengumpulkan uang sewa dari penyewa, yang akan membantu pemilik memiliki sewa bulanan yang stabil dan pemilik rumah dapat memiliki ketenangan pikiran. 

 

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mekanisme “tanpa penjamin” adalah “dapat menggunakan penjamin” dan membayar biaya atas nama penjamin.

Tentang penilaian dan biaya layanan

Tidak semua pembayaran baik-baik saja, perusahaan penjaminan juga akan melakukan penilaian terhadap catatan penyewa. Penilaian dan standar yang mana sepenuhnya tergantung pada perusahaan penjaminan. 

Beberapa perusahaan mengandalkan riwayat kartu kredit atau riwayat sewa masa lalu. 

Apakah penyewa mampu membayar sewa? * Biasanya jumlah sewa kurang dari 1/3 dari pendapatan bulanan. 

Orang yang memberikan semua dokumen yang diperlukan seperti fotokopi paspor, status / lama tinggal, kartu tempat tinggal, sertifikat kerja, dll. Penilaian akan dilakukan berdasarkan kriteria ini.

Cara menghitung biaya layanan

Biasanya biaya awal adalah 50% sampai 100% dari total sewa bulanan (sewa + biaya manajemen) Biaya perpanjangan 10.000 yen/tahun 

 

* Selain itu, dalam beberapa kasus, biaya bulanan tambahan akan dikenakan. Menggunakan perusahaan penjamin memiliki kelemahan karena mahal, tetapi sebagai imbalannya Anda dapat menandatangani sewa lebih lancar daripada mencari penjamin. 

 

Tak ayal, bagi orang asing menggunakan “perusahaan penjamin” akan memperbesar kemungkinan diterima sewa dibandingkan dengan penjamin lho.