Hal-hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Meninggalkan Jepang

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Meninggalkan Jepang

2022.08.22

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Meninggalkan Jepang

Saat tiba saatnya Anda meninggalkan Jepang, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum naik pesawat untuk kembali ke tanah air. Prosedur meninggalkan Jepang mungkin sangat berbeda dari apa yang harus Anda lakukan saat pindah dari negara Anda. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memenuhi kewajiban Anda, membatalkan kontrak Anda, dan memberi tahu pejabat bahwa Anda akan pergi.
Berikut adalah hal-hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum pindah dari Jepang.
Formalitas Administratif:
Pemberitahuan relokasi: Bawa kartu tempat tinggal Anda, paspor, dokumen identitas, dan bukti pengembalian ke Kantor Lingkungan.
Menyelesaikan pembayaran pajak tempat tinggal.
Tata cara pembatalan pendaftaran asuransi sosial:
Pergi ke Kantor Lingkungan tempat tinggal Anda untuk menyelesaikan prosedur pembatalan pendaftaran asuransi dan pengembalian kartu asuransi.
・Saat Anda pergi ke Kantor Lingkungan, jika ada premi asuransi yang belum belum dibayar, tolong segera bayar.
Mengembalikan kartu nomor saya atau kartu pemberitahuan nomor individu:
Kembalikan kartu nomor saya jika Anda tidak berencana untuk kembali ke Jepang di Departemen Catatan Sipil (戸籍課) di Balai Kota.
Namun, jika Anda ingin kembali lagi di masa mendatang, Departemen Catatan Sipil akan mencap pada kartu Nomor Saya dan mengembalikannya kepada Anda.
・Harap bawa kartu ini ke Biro Imigrasi Regional untuk mendaftar lagi jika Anda kembali ke Jepang , setiap orang hanya memiliki nomor individu unik (個人番号 – kojin bango) jadi jangan sampai hilang.
Prosedur penarikan Pensiun Nasional: Jika Anda berpartisipasi dalam pembayaran pensiun, Anda dapat melakukan prosedur untuk menerima sebagian dari pensiun Anda dalam waktu 2 tahun sebelum kembali ke negara Anda.
Kembalikan kartu tempat tinggal (在留カード – zairyu kaado).
Prosedur yang berkaitan dengan perumahan:
Batalkan kontrak sewa: Beri tahu pemilik rumah 1-2 bulan sebelumnya, dan tinjau kontrak dengan cermat karena Anda mungkin masih harus membayar sewa bulan lalu meskipun bukan akhir bulan.
Mendaftar untuk pengumpulan sampah: Untuk peralatan seperti televisi, lemari es, dll tidak akan ada sampah berukuran besar yang dikumpulkan untuk didaur ulang. Untuk sampah berukuran besar seperti selimut, meja, kursi, dll, harap mendaftar untuk pengambilan melalui telepon atau internet dan konfirmasikan jenis sampah ke tempat pembuangan. Setelah mendaftar, Anda harus menempelkan stempel pengumpulan sampah yang dibeli di toserba atau kantor pos.
Silakan buang barang-barang yang tidak perlu seperti pakaian, buku, dll.
Berhenti menggunakan listrik dan gas saat kembali ke negara Anda.
Berhenti menggunakan ponsel dan Internet Anda.
Berhenti menggunakan rekening bank Anda: Ketika pergi ke bank, ingatlah untuk membawa: buku tabungan rekening bank, kartu ATM, kartu tempat tinggal, dan segel. Jika Anda tidak menonaktifkan rekening bank Anda dan membiarkannya dalam waktu lama, uang yang tertinggal di dalamnya tidak akan ditarik atau digunakan di masa mendatang.
Mengubah alamat pos terdaftar: Selebaran atau surat mungkin masih dikirim ke alamat lama bahkan setelah Anda pindah. Oleh karena itu, harap batalkan atau hubungi kembali kantor pos terdekat agar tidak mengganggu penghuni selanjutnya.