SEMUA YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PAJAK TINGGAL DI JEPANG

SEMUA YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PAJAK TINGGAL DI JEPANG

2022.08.23

SEMUA YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PAJAK TINGGAL DI JEPANG

“Ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan orang Romawi” jika Anda adalah orang asing di Jepang. Oleh karena itu, Anda harus mematuhi peraturan negara ini, di mana membayar pajak penduduk adalah hal pertama yang harus Anda pahami. Pada artikel hari ini, kami akan memberi Anda informasi lebih lanjut tentang pajak ini. 

 

  • Apa itu pajak tinggal?


  • Definisi:

 

Pajak tempat tinggal (住民税・juuminzei) adalah jumlah uang yang harus dibayarkan  kepada pemerintah setempat oleh orang yang tinggal di Jepang, termasuk orang asing, harus membayar untuk memastikan pendanaan yang bertujuan mempertahankan hak tempat tinggal seperti kesejahteraan, keamanan, kebakaran pencegahan, pembuangan limbah, pendidikan, pencegahan bencana, kegiatan budaya dan seni, dll.

 

  • Cara membayar pajak tempat tinggal:

 

Ada 2 cara untuk membayar pajak tempat tinggal di Jepang: dipotong dari gaji melalui perusahaan atau membayar secara langsung. Untuk pegawai resmi, perusahaan akan membayar di muka ke dinas kota dan dipotong sedikit dari gaji bulanan mereka. Sebaliknya, untuk pelajar atau pekerja paruh waktu, pajak ini akan dihitung setiap tahun dan pemberitahuan pembayaran akan dikirimkan ke setiap individu pada bulan Juni. 

 

Anda dapat membayar seluruh jumlah sekaligus atau membaginya 4 kali setahun. Selanjutnya, Anda dapat membayar pajak tempat tinggal melalui toko serba ada, kantor pos, atau bank.

 

  • Peraturan tentang pembayaran pajak penduduk di Jepang untuk orang asing:


  • Cara menghitung pajak tempat tinggal: Pajak tempat tinggal

 

Pajak tempat tinggal adalah pajak yang diwajibkan untuk semua orang yang tinggal di Jepang (setidaknya satu tahun tinggal) dan dihitung berdasarkan total pendapatan individu selama satu tahun kerja sebelumnya dan juga tergantung pada potongan yang dapat diterima setiap orang. Berikut adalah rumus spesifiknya: 

 

Pajak tempat tinggal = [(Penghasilan kena pajak – pengurangan) x 10%] + 5500

 

  • Tanggal pembayaran:

 

Seperti yang disebutkan di atas, untuk pegawai resmi, perusahaan akan membayar di muka dan memotong gaji setiap bulan, jadi sepertinya jumlah ini tidak banyak. Untuk pelajar atau pekerja paruh waktu, pajak tempat tinggal akan bertambah per tahun, jadi terkadang rasanya jumlah ini cukup besar. Jika tidak dapat membayar pajak ini sekaligus, Anda dapat membayarnya 4 kali dengan batas waktu masing-masing: 2 Juli, 31 Agustus, 31 Oktober dan 31 Januari tahun berikutnya.

 

  • Siapa yang perlu membayar pajak ini:

 

Orang yang telah tinggal di Jepang selama lebih dari satu tahun dan yang pendapatan pribadinya melebihi 1 juta yen per tahun meskipun merupakan pelajar internasional atau pekerja asing. Dan itu berarti Anda wajib membayar pajak penduduk mulai 1 Januari setiap tahun. Namun, ketika Anda pertama kali datang ke Jepang, Anda tidak perlu membayar pajak ini tetapi mulai tahun kedua, otoritas setempat akan mulai menghitung pajak berdasarkan penghasilan Anda tahun sebelumnya. 

 

Catatan: Orang yang telah tinggal di sini kurang dari satu tahun, juga dikenal sebagai “bukan penduduk”, tidak perlu membayar pajak ini.

 

  • Apakah pajak tempat tinggal dapat dikurangkan?

 

Pajak tempat tinggal dapat dikurangkan, tetapi menurut peraturan Jepang, pemotongan harus mengikuti urutan prioritas dari atas ke bawah. Dan dalam hal itu, pajak penghasilan yang juga wajib Anda bayar diprioritaskan di atas pajak tempat tinggal. Jadi jika Anda sudah memiliki pengurangan pajak penghasilan, pajak tempat tinggal Anda mungkin tidak dipotong. Pemotongan biasanya diterapkan di Jepang seperti pemotongan biaya pengobatan, pemotongan pasangan, pengurangan asuransi jiwa, pengurangan kontribusi, dll.

 

  • Apa yang terjadi jika Anda tidak membayar pajak?


  • Pengingat pembayaran pajak:

 

Bagi mereka yang telah menunggak pembayaran pajak dalam negeri dalam waktu yang tertera pada pemberitahuan pembayaran, mereka akan menerima pengingat dari otoritas pajak setempat. Jika Anda menerima pengingat ini, Anda harus segera membayar pajak Anda.

 

  • Surat peringatan:

 

Jika Anda masih tidak membayar setelah menerima pengingat pembayaran pajak, otoritas setempat akan mengirimkan jenis pemberitahuan lain yang disebut surat peringatan. Pada titik ini, levelnya benar-benar serius, ketika menerima surat ini, selain pajak yang harus Anda bayar, Anda harus membayar sejumlah keterlambatan pembayaran pajak dan semakin lama Anda meninggalkannya, semakin banyak yang harus Anda bayar.

 

Bagi mereka yang terus menolak untuk membayar pajak setelah menerima peringatan, otoritas pajak dapat mengambil tindakan drastis seperti secara otomatis memotong uang dari rekening bank Anda, menyita pajak dari properti Anda, dll. Oleh karena itu, Anda harus membayar pajak tempat tinggal tepat waktu jika Anda tidak ingin mendapat masalah. Selain itu, jika Anda menerima surat peringatan berkali-kali, pemerintah setempat dapat mempertimbangkan untuk mendeportasi Anda dari Jepang.

Semoga artikel ini bermanfaat!