Bepergian dengan bus malam, bayar dengan harga fleksibel

Bepergian dengan bus malam, bayar dengan harga fleksibel

2022.08.23

Bepergian dengan bus malam, bayar dengan harga fleksibel

Pasti banyak dari Anda yang datang untuk tinggal dan bekerja di Jepang akan bertanya-tanya tentang transportasi jarak jauh. Di Jepang, kebanyakan orang menggunakan mobil atau transportasi umum mereka sendiri, sehingga cara bepergian sangat berbeda dengan Filipina. Pada artikel hari ini, kami akan memperkenalkan Anda pada jenis transportasi jarak jauh yang murah – bus malam

 

Apa itu bus malam di Jepang – ?

    Sesuai dengan namanya, bus malam adalah bus yang beroperasi pada malam hari, melayani wisatawan yang ingin bepergian dengan harga yang lebih murah dari shinkansen, pesawat terbang, kereta api, dll. Bus malam tidak hanya menghemat biaya perjalanan, tetapi juga memiliki nilai plus intinya kamu bisa tidur di dalam mobil dan ketika kamu bangun, kamu siap untuk perjalanan yang menarik ketika bus telah tiba. 

  1. a) Kapasitas 

    Tergantung pada jenis kursi, bus malam dapat memiliki 8 hingga 11 baris kursi dengan kapasitas rata-rata sekitar 40 orang. 

  1. b) Jenis kursi 

    Bus malam dibagi menjadi 4 jenis: 2 baris, 3 baris (2+1), 3 baris mandiri, dan 4 baris bus malam.

   

    Bus malam 2 baris 

    Bus malam 2 baris memiliki 2 baris kursi yang sangat nyaman dan mewah. Ini adalah jenis bus untuk Anda yang memiliki sedikit uang atau mereka yang mengutamakan kenyamanan selama perjalanan. Jika ini bus tingkat, toilet biasanya terletak di dekat tangga. Jika hanya ada 1 lantai, toiletnya ada di belakang mobil. Beberapa bus malam tingkat juga memiliki layanan jaringan Wifi gratis. 

 

    Bus malam 3 baris

    3 baris (2+1) Bus malam 3 baris (2+1) akan memiliki 3 baris kursi, di mana 1 baris (1 orang) benar-benar terpisah dari 2 baris lainnya (2 orang), mengarah ke nama di atas. Poin plus dari ini adalah jika Anda beruntung, Anda akan duduk di baris terpisah jika Anda pergi sendiri. Tapi minus dari bus malam baris 2+1 adalah bahwa baris kursi untuk 2 atau 1 orang memiliki harga yang sama, jadi jika Anda harus duduk di baris 2, Anda mungkin merasa sedikit kecewa. 

   

    Bus malam 3 blok 

    Bus malam 3 baris independen memiliki 3 baris kursi terpisah, dan terkadang ada tirai di antara baris. Ini adalah kursi yang cukup nyaman karena Anda dapat meregangkan kaki tanpa takut mengganggu siapa pun dan bantalan kursi sedikit lebih lembut daripada kursi bus 3 baris (2+1). Namun, harga yang agak tinggi akan membuat banyak dari Anda sedikit ragu sebelum opsi ini.

 

    Bus malam 4 baris Bus malam 

    4 blok adalah yang paling populer dan juga termurah. Namun luas tempat duduknya cukup sempit, ruang kaki sering sempit dan bus jenis ini biasanya tidak memiliki toilet di dalam bus. Beberapa pembuat mobil akan menambahkan tudung yang terpasang di kursi sehingga Anda dapat menariknya ke bawah untuk menutupi wajah Anda dan tidur dengan nyaman tanpa ada yang mengintip. Anda dapat memeriksa apakah ada Wifi yang tersedia di dalam mobil atau di mana untuk mengisi daya telepon Anda di situs web perusahaan mobil yang ingin Anda pesan. 

 

  1. c) Utilitas

    Biasanya, bus malam akan memiliki Wifi. Beberapa kendaraan akan memiliki toilet di dalam mobil, selimut, tirai, atau tempat duduk wanita.

    Tiket bus malam akan bervariasi tergantung pada perusahaan bus, jenis kursi, layanan yang menyertainya, dll. Khususnya, pada hari libur atau hari libur besar seperti Obon, Golden Week, Tahun Baru, tarifnya akan meningkat banyak. kali dan jika tidak dipesan lebih awal, semua tiket akan cepat terjual habis. Karena itu, Anda perlu memperhatikan poin ini dengan cermat. Bus malam pasti lebih murah daripada Shinkansen. Misalnya, jika Anda ingin pergi dari Tokyo ke Osaka, Anda mungkin harus membayar lebih dari 10.000 yen untuk Shinkansen tetapi Anda hanya perlu membayar sekitar 4000 yen untuk bus malam. Tapi satu hal yang pasti, Shinkansen selalu lebih cepat dan lebih nyaman daripada bus malam. 

    Jika Anda tidak keberatan duduk di bus terus menerus untuk waktu yang lama, bus malam akan menjadi teman terbaik Anda. Meskipun waktu tempuhnya agak lama, jika Anda tidur, Anda akan menghemat cukup banyak waktu untuk memulihkan diri.

 

Saya tidak tahu bahasa Jepang, jadi haruskah saya naik bus malam?

    Beberapa dari Anda yang baru pertama kali datang ke Jepang mungkin ragu untuk memesan bus malam di website yang hanya penuh dengan huruf kanji. Namun, beberapa perusahaan mobil besar telah mulai menggunakan situs web mereka dalam bahasa Inggris, dan terutama perusahaan mobil besar seperti Willer Express memiliki antarmuka dalam bahasa Inggris agar Anda dapat membeli tiket dengan tenang. Jika selama proses pemesanan, perusahaan mobil meminta Anda untuk memasukkan nomor telepon yang Anda tidak memiliki kartu sim, silakan masukkan nomor kenalan. Biasanya garasi tidak akan menelepon, jadi jika Anda tiba tepat waktu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika Anda belum membayar, bus yang Anda pesan akan otomatis dibatalkan. Saat Anda ingin merebahkan kursi Anda di bus, beri tahu orang yang duduk di belakang Anda. Anda harus mencoba untuk tidur di dalam mobil atau Anda akan sangat lelah ketika Anda tiba.

 

Petunjuk untuk memesan tiket bus malam di Jepang 

    Ada banyak cara untuk memesan tiket bus malam di Jepang. Namun, untuk memudahkan Anda membayangkannya, saya ingin membuat daftar dua pemesanan tiket populer seperti di bawah ini. 

    

  1. a) Beli langsung di loket 

    tiket Loket tiket biasanya terletak di stasiun-stasiun kereta api besar. Beberapa stasiun utama di Tokyo adalah Shinjuku atau Shibuya, dan di Kanagawa, stasiun Yokohama. Di sini, Anda hanya perlu menyebutkan titik awal, tempat yang ingin Anda tuju dan tanggal keberangkatan, staf di sini akan dengan sepenuh hati membantu Anda. 

 

  1. b) Beli online melalui aplikasi seluler

    Anda dapat dengan mudah memesan tiket secara online melalui situs web. Jika Anda memiliki tingkat N3 Jepang atau lebih tinggi, Anda dapat dengan mudah memesannya sendiri. Berikut adalah beberapa situs web pemesanan kereta peluru yang paling umum digunakan di Jepang. Halaman Perjalanan Rakuten: Pengoperasian yang mudah, banyak rute bus, Saya sering membeli tiket bus di sini karena saya dapat menggunakan poin Rakuten. Halaman Bushikaku: Banyak rute, banyak jenis mobil, ada banyak tiket murah (mobil normal, tidak terlalu bagus). Halaman travel willer: Tersedia dalam bahasa Inggris, harga terjangkau, kursi empuk, seringkali dengan pengisi daya dan selimut tipis. Ada rute langsung dari provinsi ke bandara (Narita, Haneda, …) 

 

Beberapa Catatan Saat Menggunakan Bus Malam di Jepang 

    Karena merupakan bus jarak jauh, maka perlu untuk mematuhi waktu, agar tidak mengganggu penumpang lain. Mobil akan bergerak di malam hari, sehingga perlu untuk tetap tenang, tidak mengganggu tidur orang lain. Selain itu, harap ingat untuk menjaga kebersihan umum, menyimpan barang bawaan dan menjaga tiket dengan hati-hati, jika hilang, segera beri tahu pengemudi untuk mendapatkan bantuan. Bus malam adalah bentuk transportasi yang sangat populer bagi mereka yang ingin menghemat uang dalam perjalanan antar kota yang berbeda di Jepang. Silakan merujuk ke artikel ini untuk menemukan alat transportasi yang paling nyaman bagi Anda untuk pergi keluar pada hari libur panjang. 

    Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda. Saya harap Anda selalu sehat dan sukses.