2022.08.23

GUNUNG FUJI, PENGALAMAN YANG TIDAK TERLUPAKAN DI JEPANG

GUNUNG FUJI, PENGALAMAN YANG TIDAK TERLUPAKAN DI JEPANG 

Mendaki Gunung Fuji, gunung tertinggi dan paling terkenal di Jepang adalah pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup. Tapi apa yang harus dipersiapkan agar perjalanan ini menjadi nyaman dan menyenangkan? Biarkan kami memberi Anda tips hebat di artikel ini!

 

  1. Waktu yang Tepat Mendaki Gunung 

Setiap tahun di bulan Juli, Agustus, banyak turis asing maupun orang Jepang yang ikut serta dalam perjalanan menaklukkan gunung ini. Pada bulan Juli, Agustus, cuaca di Jepang adalah musim panas, udaranya sedikit lembab, suhu rata-rata sekitar 31 hingga 33 derajat Celcius, terkadang akan turun hujan. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih waktu liburan musim panas bagi pelajar Jepang, sehingga keluarga sering mengatur perjalanan, berkemah, dan mendaki gunung. 

 

  1. Hal-hal yang harus disiapkan

a) Ransel

Sebaiknya Anda harus memilih ransel yang ringkas, ringan, dan tahan air. 

b) Climbing stick

Anda dapat memesannya di Amazon (tongkat logam, panjang pendek yang dapat disesuaikan) dengan kata kunci ウォーキングスティック atau  トレッキングポール. Bagi Anda yang ingin merayakan pendakian Anda, belilah tongkat kayu di stasiun ke-5 untuk dicap di stasiun-stasiun lain dalam perjalanan ke puncak (ada biaya untuk pertukangan). Ada 2 pilihan untuk Anda: tongkat pendek agar mudah dibawa atau tongkat panjang untuk membuat tongkat panjat.

c) Sepatu Gunung

Gunung Fuji memiliki cara untuk didaki, tetapi mendaki gunung dalam waktu yang lama akan membuat Anda merasa lebih terbebani dari yang Anda bayangkan. Anda harus menyiapkan sepatu panjat yang dapat memeluk dan melindungi kaki Anda. Sepatu memiliki lebar yang nyaman untuk kaki dan harus tahan air. Sepatu gunung merupakan bagian terpenting yang harus anda perhatikan saat mendaki gunung fuji. Anda bisa membeli atau menyewa sepatu gunung melalui internet.

d) Jas Hujan

Iklim di pegunungan mudah berubah, sehingga bahkan pada hari yang cerah, Anda harus menyiapkan jas hujan serta Kemeja harus berukuran besar yang bisa dipakai untuk menahan dingin.

e) Topi, ikat kepala,…

Di musim panas, matahari akan bersinar sangat kuat, sehingga ada risiko serangan panas yang tinggi. Harap membawa topi bertepi lebar atau ikat kepala. 

f) Sarung tangan

Gunung Fuji memiliki banyak bebatuan sehingga Anda juga perlu membawa sarung tangan untuk menghindari goresan. Sarung tangan juga berfungsi untuk menghindari dingin. 

g) Mantel dingin

Waktu untuk mendaki Gunung Fuji tepat di tengah musim panas, tetapi area puncaknya sekitar 5 derajat, sama dengan suhu musim dingin. Jadi Anda harus membawa mantel dingin untuk digunakan di musim dingin.

h) Pakaian dalam

Saat mendaki, Anda akan berkeringat, tetapi saat istirahat, keringat itu akan menurunkan suhu tubuh Anda. Jadi, sebaiknya persiapkan pakaian dalam terlebih dahulu agar bisa diganti saat diperlukan. 

i) Celana

Celana berbahan kain seperti jeans memiliki elastisitas yang buruk dan sulit menyerap keringat, jadi sebaiknya hindari dan siapkan celana khusus saat mendaki.

 

  1. Bagaimana cara mendaki?

Ada banyak cara untuk sampai ke kaki Gunung Fuji. Kebanyakan orang masih memilih untuk bepergian dengan bus. Anda yang berada di Tokyo dapat membeli tiket bus dari Stasiun Shinjuku (新宿駅) langsung menuju stasiun ke-5 Gunung Fuji. Tarifnya sekitar 2.700 yen untuk sekali perjalanan. Ingatlah untuk memesan di muka karena musim pendakian akan terjual habis dengan sangat cepat. Untuk informasi tiket bus dari tempat Anda masing-masing, Anda bisa memeriksanya di situs online seperti  di https://www.kosokubus.com/en/ atau https://travel.willer.co.jp/bus_search/

http://www.fujisan-climb.jp/en/index.html

  1. Perjalanan Mendaki Gunung Fuji

Ada banyak cara untuk mendaki gunung dan ada petunjuk khusus, jadi meskipun baru pertama kali mendaki, Anda tetap bisa mendaki gunung. Namun, Gunung Fuji memiliki 10 POS, jadi Anda harus mulai mendaki dari stasiun ke-5 dan seterusnya untuk memastikan kesehatan. Karena perjalanannya sangat panjang, mencapai stasiun 8, 9, 10 sangat curam dan sangat sulit untuk dilalui, jadi jika rombongan pendakian Anda memiliki teman wanita, Anda harus memulai perjalanan dari stasiun ke-5. 

  1. Waktu pendakian

Anda dapat memesan bus untuk pergi di pagi dan siang hari untuk mencapai lantai 5 Gunung Fuji, kemudian Anda istirahat dan check-in, sekitar jam 4-5 sore Anda mulai bergerak, kemudian mendaki gunung melalui malam dan mencapai puncak sekitar jam 2 , 3 pagi & tunggu sampai pagi untuk melihat matahari terbit. Menurut pendapat saya, Anda harus mendaki gunung di malam hari, ketika mendaki ke lantai 8 dan 9, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengagumi langit malam berbintang dan di kaki gunung adalah lampu para pendaki gunung.

  1. Istirahat di tengah jalan

Biasanya di stasiun akan ada motel, kalau mau tidur lagi harus booking dulu. Ada juga makanan ringan dan minuman yang dijual di sini. (Saya melihat beberapa teman barat tidak memesan kamar, tetapi semuanya terletak di sepanjang tebing untuk menghindari angin dan istirahat. 

  1. Hal-hal yang perlu diperhatikan 

Stasiun 5 dan 6 cukup mudah untuk dicapai, tetapi ketika Anda naik tinggi , udara menjadi lebih tipis dan suhu menurun, sehingga mudah kehilangan kekuatan. Terutama stasiun 8, 9, dan 10 adalah ketika Anda cukup lelah dan mengantuk (jika mendaki di malam hari), sehingga Anda perlu menyesuaikan kecepatan gerakan serta istirahat yang wajar di tengah waktu Subuh sekitar 4:20, jika pangkalan tidak standar Anda tidak akan sampai ke puncak karena semua orang harus mengikuti garis, orang di depan tidak bisa pergi, Anda juga harus berhenti. 

 

Semoga artikel ini memberi Anda informasi yang bermanfaat. Semoga Anda semua beruntung dan sukses!