10 hidangan yang harus dicoba di Jepang

10 hidangan yang harus dicoba di Jepang

2022.08.23

10 hidangan yang harus dicoba di Jepang

Masakan Jepang terkenal di seluruh dunia karena keunikan dan kecanggihannya. Pada artikel ini, mari kita lihat 10 hidangan yang wajib kamu coba saat datang ke Jepang.

Sushi:

Meskipun ini hanya hidangan yang menggabungkan nasi yang dicampur dengan cuka dan makanan laut segar seperti salmon, tuna, udang, cumi-cumi, dll. Namun sushi tetap memikat banyak orang. Saat makan sushi, kecap dan wasabi adalah dua bahan yang sangat diperlukan. Sedikit manisnya nasi campur cuka, sedikit lemak salmon, sedikit asin kecap shoyu dan sedikit pedasnya wasabi, semuanya menciptakan simfoni rasa yang benar-benar tak terlupakan.

 

Ramen:

Selain Sushi, Ramen juga merupakan hidangan tradisional yang membawa masakan Jepang melampaui batas. Mie ramen memiliki 3 bahan utama: mie, sup, dan berbagai topping seperti chashu (babi), telur rebus, Kamaboko (pasta ikan rebus), dll. Ada 5 jenis ramen yang populer: Shoyu, Tonkotsu, Shio , Miso dan Tsukemen .

 

Gyudon:

Dalam hal popularitas di kalangan orang asing, Gyudon tidak dapat dibandingkan dengan sushi atau ramen, tetapi ini dianggap sebagai hidangan “nasional” orang Jepang. Daging sapi yang diiris tipis direbus dengan hati-hati dengan bawang bombay sampai empuk dan dibumbui dengan baik, lalu dioleskan secara merata di atas nasi putih, dan disajikan dengan jahe asin merah muda, telur mentah, sup miso, dll. Di Jepang, Gyudon dijual dengan harga terjangkau di banyak tempat. rantai restoran di seluruh negeri seperti Nakau, Sukiya, Yoshinoya, dll.

 

Tempura:

Tempura adalah masakan tradisional Jepang yang digoreng. Bahan-bahannya meliputi berbagai makanan laut, sayuran, dan buah-buahan yang dilapisi tepung roti dan digoreng dengan minyak. Keunikan Tempura adalah kulitnya yang sangat renyah sedangkan bahan-bahan di dalamnya lembut dan tetap mempertahankan rasa manis dan kesegaran aslinya.

 

Sashimi:

Berasal dari kata “Sashimi” yang berarti “tubuh yang ditusuk”, ini adalah hidangan dengan bahan baku berupa irisan seafood segar, disajikan dengan parutan lobak dan daun perilla. Seafood yang digunakan sebagai bahan biasanya salmon, tuna, cumi-cumi, dll. Saat makan, kita sering mencelupkan sashimi dengan kecap shoyu yang dicampur dengan wasabi untuk menambah cita rasa seafood yang segar.

 

Karaage:

Karaage adalah ayam goreng ala Jepang yang terdiri dari 2 bahan utama: paha ayam yang direndam bumbu dan kulit luarnya yang terbuat dari tepung goreng atau tepung kentang. Karena bagian ayam yang paling banyak dipilih adalah pahanya, setelah digoreng tetap mempertahankan kesegaran dan rasa manisnya. Sementara itu, cangkangnya digoreng hingga berwarna keemasan yang renyah dan eye-catching.

 

Nasi kari:

Di ​​Jepang, nasi kari adalah hidangan yang sering disiapkan dalam makanan keluarga karena tidak hanya lezat dan cocok untuk segala usia, tetapi juga sederhana untuk dimasak dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti daging sapi, kentang, wortel, dan kari. Dibandingkan dengan kari India, kari Jepang kurang pedas tetapi lebih manis dan lebih padat.

 

Yakitori:

Yakitori adalah “sate ayam panggang” ala Jepang. Bagian ayam tidak hanya “daging” tetapi juga organ lain seperti kulit, jantung, hati, ampela, tulang rawan, usus, dll membuat berbagai tusuk sate. Yakitori memiliki 2 rasa utama yang bisa dipilih: “Shio” – asinnya asin dan “Tare” – manisnya saus tara.

 

Onigiri:

Onigiri – Bola nasi Jepang adalah hidangan yang nyaman dan sangat cocok untuk gaya hidup yang menuntut urgensi dan kesiapan. Onigiri biasanya berbentuk bola nasi berbentuk segitiga atau bulat kecil yang dibungkus dengan daun rumput laut dan mudah dibawa-bawa. Onigiri memiliki berbagai isian seperti salmon yang dicampur dengan mayones, udang, ayam, aprikot, dll.

 

Katsudon:

“Katsudon” – adalah makanan Jepang yang populer, semangkuk nasi di atasnya dengan irisan daging babi yang digoreng, telur, sayuran, dan bumbu. Daging babi yang digoreng tepung roti yang renyah dipotong menjadi potongan-potongan kecil dan diletakkan dengan baik di atas nasi putih yang harum. Sementara itu, satu lapis telur dimasak dengan kaldu dashi dan ditaburi bawang goreng.

   

Kami sudah menelusuri berbagai masakan Jepang, nantikan hidangan lainnya di artikel kami berikutnya!