Tips Mengatasi Pembobolan di Jepang

Tips Mengatasi Pembobolan di Jepang

2022.08.23

Tips Mengatasi Pembobolan di Jepang

Jepang dianggap sebagai salah satu negara teraman di dunia dan tidak memiliki banyak pencurian. Namun, kemungkinan pembobolan terjadi di mana-mana. Oleh karena itu, mengetahui cara menghadapi pencuri sangat penting. 

 

Hubungi 110:

 

110 adalah nomor darurat untuk departemen kepolisian. Saat menghubungi 110, Anda harus memberikan informasi termasuk:

  • Apa yang terjadi?
  • Di mana?
  • Kapan?
  • Tentang tersangka?
  • Alamat, nama, nomor telepon Anda?

Menurut statistik dari departemen kepolisian di Jepang, ada tiga jenis pencurian utama yang diurutkan berdasarkan yang paling umum, yaitu:

  • Menyelinap ke dalam rumah kosong
  • Menyelinap saat semua orang di rumah sedang tidur
  • Menyelinap saat semua orang di rumah dan melakukan aktivitas seperti makan, mengobrol, menonton TV, dll.

Jika pencuri menyelinap masuk dan mencuri aset saat Anda pergi, atau ketika pencuri baru saja pergi, jangan bersihkan tempat kejadian tetapi biarkan agar polisi dapat dengan mudah menyelidikinya.

 

Jika Anda berada di rumah dan mengetahui bahwa pencuri masuk, atau menyadari bahwa pencuri itu masih bersembunyi di suatu tempat di rumah Anda, jangan berteriak atau curiga, berpura-pura tidak tahu dan mencoba mencari bantuan dari polisi. Dalam kasus mendesak seperti itu, gunakan sinyal untuk berkomunikasi dengan polisi agar mereka tahu lokasi Anda. Anda dapat menggunakan sinyal seperti berpura-pura memesan makanan cepat saji, mengirim SMS ke kerabat atau teman untuk menelepon 110 untuk Anda, dll. Ingat tujuan utamanya adalah memberikan lokasi Anda dengan cara yang paling akurat.

 

Setelah polisi tiba, periksa apa yang dicuri dan apa yang rusak. Juga, jika kunci atau jendela rusak, jangan pergi sampai perbaikan selesai. Pada titik ini, jika kunci rumah telah dicuri, gantilah dengan yang baru.

 

Konfirmasi kerusakan dan kirim laporan pencurian ke departemen kepolisian dan otoritas setempat:

 

Ketika pencurian telah terjadi, Anda harus segera menghubungi polisi untuk memberikan informasi yang diperlukan dan melaporkan situasi Anda saat ini. Selain itu, ketika polisi tiba, jangan lupa untuk memeriksa barang-barang Anda, membuat daftar barang-barang yang dicuri dan melaporkannya sesegera mungkin. Selain barang-barang berharga seperti laptop, telepon, uang tunai, dll, Anda juga perlu memeriksa barang-barang pribadi seperti perangko, buku tabungan, paspor, dan kartu asuransi. medis, kartu kredit, dll. 

 

Nonaktifkan semua jenis rekening bank:

 

Jika pencuri mencuri kartu bank Anda, Anda harus segera menghubungi bank untuk menonaktifkan akun Anda serta menghindari memberi pencuri cukup waktu untuk mengetahui kata sandi dan menarik uang Anda.

 

Jika Anda menggunakan e-wallet, segera cari bantuan melalui hotline atau langsung ke kantor untuk menyelesaikan prosedur penonaktifan akun.

 

Cara yang berguna untuk mencegah pencurian dan meminimalkan kerusakan:

 

Mengambil asuransi kebakaran (termasuk kerusakan akibat pencurian):

 

Untuk mencegah semaksimal mungkin kerugian/kerusakan akibat pencurian, ambillah asuransi kebakaran. Di Jepang, asuransi ini akan menanggung kerugian/kerusakan akibat pencurian, bukan hanya kebakaran. Jika rumah Anda rusak karena pencurian, Anda akan mendapatkan penggantian untuk perbaikan dan kompensasi sebagian untuk kerusakan berdasarkan polis asuransi Anda.

 

Oleh karena itu, jumlah kompensasi yang diterima dari asuransi dapat membantu Anda dalam masa-masa sulit.

 

Namun, jika barang yang hilang adalah barang kelas atas, Anda mungkin tidak menerima kompensasi jika Anda tidak memiliki tanda terima pada saat pembelian. Karena itu, ingatlah untuk menyimpan kwitansi saat membeli barang mahal.

 

Selain itu, beberapa item tidak dikompensasi, jadi Anda harus meminta pertanggungan khusus pada saat menandatangani kontrak asuransi.

 

Ambil tindakan untuk mencegah pencurian:

 

Sebarkan kerikil di taman/sekitar rumah:

 

Menginjak kerikil akan mengeluarkan suara yang unik, jadi jika Anda menyebarkan kerikil di sekitar rumah atau taman Anda saat pencuri masuk, langkah kaki mereka dapat dengan mudah dideteksi.

 

Selain itu, Anda dapat menggunakan kerikil khusus untuk mencegah pencurian. Kerikil biasa juga berfungsi, tetapi Anda dapat menggunakan kerikil keamanan untuk tingkat penjagaan ekstra. Kerikil pengaman terbuat dari kaca cair. Oleh karena itu, lebih ringan dari yang biasa dan kebisingan juga akan lebih keras.

 

Atur lampu sensor:

 

Lampu sensor adalah perangkat yang bersinar ketika bereaksi terhadap seseorang atau sesuatu. Dengan segera bersinar ketika datang untuk menghubungi penyusup, itu membuat Anda dengan mudah mengidentifikasi penyusup.

 

Pasang kamera keamanan:

 

Dengan memasang kamera keamanan, Anda selalu dapat memantau area di sekitar rumah Anda. Pencuri seringkali tidak berani membobol rumah dengan kamera keamanan karena akan mudah dideteksi.

 

Namun, memasang kamera keamanan akan menghabiskan banyak uang. Saat ini, banyak rumah tangga memilih untuk memasang kamera keamanan palsu untuk menghemat uang dan membuat pencuri menyerah untuk membobol.

 

Gunakan kunci keamanan:

 

Anda juga harus mengubah kunci normal Anda menjadi kunci dua arah atau beralih ke kunci keamanan tinggi seperti kunci mekanis.