Hal-hal yang harus dilakukan sebelum berhenti dari pekerjaan

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum berhenti dari pekerjaan

2022.08.22

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum berhenti dari pekerjaan

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN SEBELUM & SETELAH MEMULAI PEKERJAAN BARU

Ketika Anda membaca artikel ini, berarti Anda berniat untuk pindah pekerjaan atau pindah ke perusahaan lain. Tahukah Anda APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN SEBELUM & SETELAH MEMULAI PEKERJAAN BARU? Jika tidak, artikel ini cocok untuk anda. Mari ketahui apa yang harus dilakukan sebelum dan setelah memulai pekerjaan baru.

1. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan Anda, apa yang perlu Anda lakukan?

Segera setelah berniat untuk beralih ke pekerjaan baru, Anda harus yakin dengan 3 hal penting di bawah ini:

– Berapa lama Visa Anda berlaku?
Anda harus berhenti dari pekerjaan Anda ketika masa tinggal di Jepang tersisa setidaknya 6 bulan, ini akan membantu Anda memiliki cukup waktu untuk mencari pekerjaan baru atau menerima tawaran dari perusahaan lain.

– Apakah Anda punya cukup uang untuk hidup selama beberapa bulan?
Jika Anda berhenti dari pekerjaan Anda saat ini, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk menutupi biaya makanan, akomodasi, perjalanan, dll. untuk terus mencari pekerjaan baru. Ketidakjelasan tentang kemampuan finansial Anda akan mengakibatkan depresi yang membawa Anda pada keputusan yang salah di masa depan.

– Hitung sisa hari cuti berbayar (有給 ・ゆうきゅう) untuk memutuskan kapan Anda harus berhenti dari pekerjaan Anda
Sebagian besar perusahaan biasanya mengharuskan karyawan untuk memberikan pemberitahuan penghentian setidaknya 30 hari sebelumnya. Hitung berapa hari tersisa dari cuti berbayar yang Anda miliki (有給休暇・ゆうきゅうきゅうか) dan kemudian beri tahu perusahaan Anda tanggal kapan Anda ingin pergi. Disarankan untuk mengatur cuti Anda sekitar akhir bulan, ini juga lebih baik untuk menghitung asuransi Anda.

Anda perlu menulis surat pengunduran diri (退職届・たいしょくとどけ), mencetaknya, dan mengirimkannya langsung atau online ke departemen yang bertanggung jawab (tergantung pada perusahaan Anda). Formulir aplikasi dapat ditulis tangan atau diketik dan dapat dilakukan secara horizontal atau vertikal.

Perhitungan tanggal cuti dan hari kerja terakhir:
Jika Anda ingin pergi pada tanggal 30 November 2021, Anda harus memberi tahu perusahaan Anda setidaknya sebelum 30 Oktober (tergantung peraturan). Jika Anda memiliki sisa 10 hari cuti berbayar, hitung mundur 10 hari kerja resmi (tidak termasuk hari libur) sejak 30 November, hari kerja terakhir Anda mungkin 16 November 2021.

2. Apa yang harus Anda lakukan sebelum berhenti dari pekerjaan Anda:

Setelah Anda Setelah menginformasikan hari kerja terakhir Anda kepada manajer lini, Anda harus menyelesaikan langkah-langkah berikut:
– Cobalah untuk menyelesaikan semua tugas yang tersisa. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan sebelum tanggal tersebut, Anda perlu bertanya kepada manajer siapa yang akan Anda serahkan. Jadwalkan dan tanda tangani tugas serah terima.
– Jika Anda menyimpan aset perusahaan: telepon, komputer, wifi, kunci, dll. Atau bahkan akun email, akses facebook perusahaan, dll., Anda harus mengembalikan semuanya pada hari terakhir Anda, tanda tangan penerima serah terima diperlukan untuk menghindari perselisihan di masa depan.
– Dapatkan buku pensiun Anda (年金手帳・ねんきんてちょう), sertifikat pengunduran diri (離職票・りしょくひょう or 退職証明書・たいしょくしょうめいしょ ), kartu asuransi kerja (雇用保険被保険者証・こようほけんひほけんしゃしょう), slip pemotongan (源泉徴収票・げんせんちょうしゅうひょう). Jika perusahaan Anda tidak menyiapkan dokumen-dokumen ini tepat waktu sebelum hari kerja terakhir Anda, mereka akan mengirimkannya ke rumah Anda nanti melalui pos. Dokumen-dokumen ini diperlukan bagi Anda untuk menyelesaikan prosedur setelah berhenti dari pekerjaan Anda seperti: memasuki perusahaan baru, mentransfer asuransi, mengajukan Tunjangan Pengangguran atau memperpanjang Visa Anda, dll.
– Terakhir, Anda harus menghabiskan setidaknya 5-10 menit untuk hari terakhir Anda mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang, terima kasih kepada orang-orang di sekitar Anda atas bantuannya selama ini.

3. Setelah berhenti, apa yang harus Anda lakukan?

Meskipun Anda telah berhenti dari pekerjaan Anda, validitas kartu asuransi Anda akan berlaku sejak tanggal Anda mengakhiri kontrak dengan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, dalam contoh yang diberikan di atas: 11/16 adalah hari terakhir Anda tetapi 11/30 adalah tanggal pemutusan kontrak, sehingga masa berlaku kartu asuransi Anda (社会保険・しゃかいほけん) adalah hingga 30/11. Setelah tanggal ini, Anda harus mengembalikan kartu tersebut ke perusahaan, atau mengirimkannya melalui pos.
– Jika dalam waktu 15 hari setelah berhenti dari pekerjaan Anda, Anda memulai pekerjaan baru, Anda tidak perlu pergi ke Balai Kota (shiyakusho) untuk beralih ke Asuransi Nasional (Kokuminhoken). Namun, jika Anda belum menentukan waktu untuk bekerja atau menemukan pekerjaan baru, Anda harus pergi ke Balai Kota (shiyakusho) untuk mendaftar di Asuransi Nasional (Kokuminhoken).
– Jika Anda memutuskan untuk mengambil istirahat panjang sebelum memulai pekerjaan baru, Anda dapat melamar Manfaat Pengangguran dari Hello work (ハロワーク).

Untuk mengajukan Tunjangan Pengangguran, Anda memerlukan dokumen-dokumen berikut dari perusahaan Anda sebelumnya: 1. 退職証明書・たいしょくしょうめいしょ , 2. 離職票・りしょくひょう , jadi jangan lupa untuk mendaftar sebelum berhenti sehingga perusahaan akan memberikannya kepada Anda pada hari terakhir Anda .

4. Setelah menemukan pekerjaan baru dan pindah ke perusahaan lain, Anda perlu memberi tahu Departemen Imigrasi tentang perubahan pekerjaan Anda dalam waktu 14 hari setelah transfer, prosedur ini disebut .

Setelah mengisi formulir yang ditentukan, Anda dapat menyerahkannya langsung ke Departemen Imigrasi terdekat atau mengirimkannya melalui pos (dengan fotokopi 2 sisi kartu tempat tinggal Anda – )

 

** Tulis「届出書在中・とどけでしょざいちゅう」dengan jelas pada amplop Anda.
** Jika Anda telah beralih ke pekerjaan baru dan masih belum melaporkannya ke Departemen Imigrasi meskipun telah terlampaui selama lebih dari 14 hari, harap selesaikan prosedur ini secepat mungkin.