Tunjangan karyawan di Jepang

Tunjangan karyawan di Jepang

2022.08.22

Tunjangan karyawan di Jepang

Bekerja di Jepang menawarkan banyak keuntungan. Sementara banyak yang mungkin bermimpi bekerja di Jepang untuk menjadi lebih baik di Jepang atau tenggelam dalam budaya Jepang, ada beberapa manfaat karyawan praktis yang perlu diperhatikan juga. Tunjangan karyawan ini membantu membuat hidup di Jepang lebih nyaman, dan, dalam banyak kasus, membantu dalam penganggaran dan perencanaan keuangan juga. Dan kemungkinan besar, banyak dari manfaat ini mungkin tidak tersedia di negara asal Anda.

Tunjangan perumahan:

Bantuan Perumahan atau Perumahan Perusahaan (shataku) akan disediakan oleh perusahaan. Ini populer hari ini karena ini membantu menghemat waktu daripada bepergian dari rumah terjauh. Anda akan tinggal bersama rekan kerja Anda dan perusahaan akan menawarkan manfaat ini dengan dukungan sewa. Hal ini bermanfaat terutama bagi mereka yang bekerja dari luar negeri.

Tunjangan transportasi:

Sebagian besar perusahaan Jepang akan memberikan tunjangan perjalanan kepada karyawan untuk menutupi perjalanan antara rumah dan kantor. Ini adalah manfaat yang sangat membantu mengingat banyak karyawan di Jepang yang melakukan perjalanan selama satu jam atau lebih untuk bekerja. Biaya akan didasarkan pada rute paling ekonomis antara rumah karyawan dan tempat kerja. Tunjangan transportasi tidak dikenakan pajak penghasilan sampai dengan jumlah tertentu.

Perawatan Kesehatan dan Asuransi:

Skema asuransi sosial dirancang untuk menjamin kehidupan pekerja dengan membayar iuran berdasarkan pendapatan jika terjadi hari tua, cacat atau kematian. Majikan yang merupakan perusahaan, atau satu yang merupakan pemilik tunggal yang mempekerjakan lima atau lebih karyawan, memiliki kewajiban hukum untuk memberikan karyawannya asuransi pensiun karyawan dan asuransi kesehatan karyawan. Selanjutnya, semua pemberi kerja wajib menyediakan asuransi kompensasi kecelakaan kerja dan asuransi pengangguran kepada karyawan. Manfaat dari skema asuransi sosial dan asuransi tenaga kerja tercakup dalam iuran wajib yang dibayarkan oleh pekerja dan pengusaha. Seorang pekerja yang bekerja di Jepang akan diasuransikan, terlepas dari apakah pekerja tersebut adalah warga negara Jepang atau bukan.

Tunjangan keluarga:

Di Jepang, selain memberikan cuti melahirkan atau cuti pengasuhan anak seperti biasa. Karyawan juga didukung oleh tunjangan keluarga. Tunjangan ini diperuntukkan bagi karyawan yang mengalami kesulitan keuangan dalam menghidupi keluarganya dan berhak atas tunjangan ini. Jumlah yang diberikan kepada karyawan tergantung pada jumlah anggota keluarga yang mereka miliki. Pasangan akan berhak atas 10.000 yen sedangkan anak akan berhak atas 20.000 yen. Rata-rata jumlah yang diberikan biasanya 15.000 yen hingga 20.000 yen.

Tunjangan Pengembangan Diri:

Di Jepang, perusahaan juga mendukung karyawan dalam hal pemberian tunjangan untuk kegiatan pengembangan diri. Ini termasuk menghadiri kursus atau seminar, pelatihan dan pengalaman di luar negeri serta subsidi untuk studi lebih lanjut tambahan.

Tunjangan ini sangat bermanfaat bagi karyawan karena mereka bisa mendapatkan subsidi dari perusahaan sambil mengejar minat atau kursus mereka sendiri yang akan menguntungkan karir dan keterampilan mereka di masa depan.

Manfaat Budaya, Olahraga, dan Rekreasi:

Di Jepang, karyawan dikenal memiliki kehidupan kerja yang penuh tekanan dan tujuan dari tunjangan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Kegiatan tersebut meliputi perjalanan perusahaan, diskon untuk minum, dan kegiatan rekreasi.

Selain itu, kegiatan klub juga disertakan. Misalnya, mendaki gunung dan klub dansa. Ada juga kegiatan unik yang disebut klub Ramen di mana karyawan akan pergi makan mie ramen bersama. Memiliki kegiatan seperti itu dapat meningkatkan ikatan antara karyawan dan pengusaha.

Manfaat yang berhubungan dengan taqwa/bencana:

Ini adalah kebijakan kesejahteraan bagi karyawan ketika ada acara untuk dirayakan dalam hidup seperti pernikahan, kelahiran, dll., atau untuk turut berduka cita seperti pemakaman, kecelakaan, dll. Tergantung pada perusahaan, ada juga kebijakan dukungan keuangan untuk anak-anak ketika mereka masuk sekolah, untuk karyawan ketika mereka sakit, atau kecelakaan.