Semua yang perlu Anda ketahui tentang tiket kereta api Jepang

Semua yang perlu Anda ketahui tentang tiket kereta api Jepang

2022.08.23

Semua yang perlu Anda ketahui tentang tiket kereta api Jepang

Jika Anda berniat untuk belajar atau bekerja di Jepang, Anda pasti harus menggunakan transportasi umum di sini secara teratur. Oleh karena itu, artikel ini akan menunjukkan kepada Anda jenis-jenis kartu komuter yang umum digunakan untuk menggunakan transportasi umum di Jepang.

 

Jenis tiket komuter apa saja yang ada di Jepang?

Kartu komuter adalah kartu pas untuk mereka yang sering harus menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan bus, berlaku untuk jangka waktu tertentu dan dalam wilayah geografis tertentu. Banyak orang Jepang yang sering berpindah-pindah antara dua lokasi tetap saat berangkat kerja atau pergi ke sekolah akan menggunakan pass ini. Jika Anda juga harus bepergian, belilah komuter pass yang berlaku untuk rute dari stasiun terdekat dari rumah ke stasiun terdekat dengan kantor/sekolah Anda.

 

Manfaat menggunakan kartu komuter:

Perjalanan tanpa batas dalam periode dan wilayah di mana kartu komuter berlaku.

Daripada harus membeli tiket setiap kali pergi, Anda hanya perlu membeli sebulan sekali dan menggunakannya berkali-kali.

Ada tiga batasan waktu: 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan. Semakin lama jangka waktunya, semakin banyak uang yang Anda hemat.

 

Di mana membeli tiket komuter?

 

Anda dapat membeli tiket komuter di loket tiket di stasiun kereta utama atau di mesin penjual tiket. Namun, bukan berarti Anda bisa membeli di stasiun manapun. Anda hanya dapat membeli tiket di stasiun perusahaan kereta api yang mengoperasikan jalur yang akan Anda gunakan. Dengan kata lain, jika Anda hanya menggunakan jalur JR, Anda tidak akan dapat membeli JR pass di mesin penjual tiket di stasiun jalur lain.

 

Saat membeli kartu pelajar, Anda harus menunjukkan sertifikat dari sekolah Anda, sehingga Anda tidak dapat membelinya di mesin penjual tiket tetapi membelinya di loket. Konter tiket biasanya ramai, jadi belilah secepatnya. Jangan lupa bahwa Anda dapat membeli tiket 14 hari sebelumnya sejak Anda mulai menggunakannya.

 

Jika Anda mengambil beberapa jalur dari perusahaan kereta api yang berbeda, Anda dapat menggunakan 1 pass untuk maksimal 3 perusahaan kereta api.

 

Cara membeli komuter pass di konter:

 

Langkah 1: Isi “Formulir Pendaftaran Commuter Pass” (定期乗車券購入申込書): Hal pertama adalah mengisi informasi yang diperlukan dalam formulir. Selain nama lengkap dan tanggal mulai penggunaan, Anda juga harus memasukkan alamat sekolah/kantor Anda. Pastikan untuk mempersiapkan informasi ini sebelumnya.

 

Langkah 2: Setelah mengisi, bawa formulir ke konter untuk diserahkan. Jika Anda membeli kartu pelajar, di sini Anda harus menunjukkan kartu pelajar yang dikeluarkan oleh sekolah Anda. Staf akan memeriksa semua informasi dan jika tidak ada masalah, mereka akan memberi Anda izin.

 

Catatan: Pergilah ke stasiun-stasiun besar di mana Anda biasanya naik jalur untuk mendaftar izin (dalam bentuk kartu IC). Anda harus melakukan deposit sebesar 500 yen untuk mendapatkan kartu tersebut. Jika Anda sudah memiliki kartu IC, tangani kartu Anda untuk diubah menjadi kartu komuter. Tergantung pada perusahaan kereta api, kartu IC yang ditunjukkan dapat digunakan sebagai pass atau tidak.

 

Cara membeli komuter pass di mesin penjual tiket:

 

(1) Pergi ke mesin penjual tiket yang menunjukkan “Commuter pass” (定期券) di stasiun.

(2) Pilih “Pass baru” (新規購入).

(3) Pilih “Kartu Commuter” (通勤定期券).

(4) Pilih periode (1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan) dan tanggal mulai penggunaan.

(5) Pilih stasiun awal, stasiun kedatangan, dan jalur kereta.

(6) Pilih “Suica pass” (Suica定期券) atau “Magnetic pass” (磁気定期券).

*Jika Anda sudah memiliki Suica, pilih “Lanjutkan menggunakan Suica saat ini” (お手持ちのSuicaを利用する).

*Jika Anda ingin mengeluarkan Suica baru, diperlukan deposit awal sebesar 500 yen.

(7) Jika “Suica pass”, pilih jumlah yang ditampilkan di layar untuk diisi ulang atau “Tanpa biaya” (チャージしない).

(8) Bayar dengan uang tunai atau kartu kredit.

(9) Selesaikan pembelian pass.

 

Catatan: Artikel ini hanya memperkenalkan cara membeli JR pass. Dengan jalur lain, prosedur untuk membeli tiket komuter serupa.